Israel Lanjutkan Latihan Militer di Lembah Yordania

Setiap tahun, latihan militer pasukan pendudukan ini telah menyebabkan kerugian di kawasan penggembalaan hewan dan lahan pertanian, serta membahayakan penduduk Palestina akibat lembah sisa latihan militer.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,25 Aug 2021,02:41 AM

Tepi Barat, SPNA – Dalam dua hari berturut-turut, sebagaimana dilansir dari Palinfo, pada Senin (23/08/2021), pasukan pendudukan Israel, terus melanjutkan latihan militer di Khirbet Ibziq, Lembah Yordania utara.

Ketua dewan desa Khirbet Ibziq, Abdel Majid Khdeirat, mengatakan bahwa pasukan pendudukan Israel mengusir delapan keluarga dari rumah mereka di Khirbet dengan tujuan melakukan pelatihan tentara, dan hanya tiga keluarga yang telah diberitahu tentang latihan ini sebelumnya.

Ia menjelaskan bahwa warga tidur di tempat terbuka dalam cuaca panas ini, dan akan tetap berada di luar rumah mereka sampai akhir latihan pada akhir bulan ini sesuai informasi yang mereka terima.

“Karena latihan akan berlangsung pada hari yang berbeda hingga akhir bulan,” ujar Abdel Majid Khdeirat, sebagaimana dilansir dari Palinfo.

Pasukan pendudukan Israel melakukan beberapa kali latihan militer setiap tahun di berbagai kawasan di Lembah Yordania utara yang berdekatan dengan rumah penduduk Palestina, dan mereka juga menggunakan amunisi hidup dan alat berat militer.

Setiap tahun, latihan militer pasukan pendudukan ini telah menyebabkan kerugian di kawasan penggembalaan hewan dan lahan pertanian, serta membahayakan penduduk Palestina akibat lembah sisa latihan militer.

Lembah Yordania Palestina telah menjadi sasaran serangan sengit dan sistematis sejak Israel menganeksasinya pada tahun 1967. Pasukan pendudukan dan pemukim Israel tersebar di lebih dari 21 kawasan pemukiman dan berbagai pos penjagaan di sepanjang Lembah Yordania Palestina.

Penduduk Palestina di kawasan Lembah Yordania hampir setiap hari berhadapan dengan gangguan, ancaman, penghancuran lahan pertanian, perampasan tahan, hingga pengusiran yang kerap dilakukan pasukan dan pemukim Israel.

Para pemukim Israel merebut daerah pertanian paling subur di bawah tekanan senjata dan perintah tentara pendudukan, dengan dalih kawasan tersebut ditutup dan dikuasai militer

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir