Israel Tembak Sejumlah Kapal Nelayan Palestina di Jalur Gaza

Setiap hari, angkatan laut pendudukan dengan sengaja mengganggu kehidupan para nelayan di laut Gaza, dan mencegah mereka melakukan penangkapan ikan.

BY Edited Sun,05 Sep 2021,04:30 PM

Jalur Gaza, SPNA - Angkatan laut pendudukan Israel, pada Sabtu (04/09/2021), menembaki sejumlah kapal nelayan Palestina di barat laut Jalur Gaza.

Komite Nelayan Jalur Gaza mengatakan bahwa kapal perang angkatan laut pendudukan Israel menembakkan senapan mesin ke sejumlah kapal di kawasan Al-Sudania, barat laut Beit Lahia, padahal mereka menangkap ikat di kawasan penangkapan yang diizinkan penduduka Israel.

Sebagaimana dilansir dari Palinfo, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Sejumlah kapal angkatan laut pendudukan Israel melakukan penembakan sebanyak dua kali selama Jumat atau Sabtu di berbagai wilayah pantai Gaza.

Angkatan laut pendudukan Israel menyerang para nelayan setiap hari. Serangan ini terkadang menyebabkan nelayan mengalami cedera dan membuat mereka tidak dapat melakukan kegiatan atau bekerja dengan bebas.

Setiap hari, angkatan laut pendudukan dengan sengaja mengganggu kehidupan para nelayan di laut Gaza, dan mencegah mereka melakukan penangkapan ikan.

Perjanjian Oslo, yang ditandatangani Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel pada tahun 1994, menetapkan bahwa penduduk Palestina diizinkan untuk berlayar hingga 20 mil laut (37 kilometer) di lepas pantai Jalur Gaza. Namun, penduduk Palestina selalu dicegah untuk mencapai jarak tersebut dan hanya diperbolehkan menjangkau jarak yang kurang dari 12 mil laut dan bahkan jaraknya berubah-ubah sesuai kehendak pasukan pendudukan.

Komite Nelayan Gaza melaporkan bahwa para nelayan dan kapal mereka terus-menerus diserang oleh angkatan laut Israel.

Selama paruh pertama tahun 2020, seperti yang dilaporkan Lembaga Pemantau Pelanggaran HAM, Euro Mediteranian Monitor, mencatas terjadi 171 penembakan yang dilakukan angkatan laut Israel terhadap para nelayan dan kapal mereka.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Israel Tembaki Kapal-kapal Nelayan Palestina di Rafah

Nelayan merupakan salah satu profesi paling penting bagi penduduk Palestina di Jalur Gaza. Berdasarkan laporan Komite Nelayan Palestina, terdapat sekitar 4.000 nelayan Palestina di Jalur Gaza. Jumlah ini mendukung pekerjaan lain yang menghubungkan lebih dari 50.000 pekerja dalam bidang yang terikat dengan nelayan.

Kapal Perang Israel Tembak Nelayan Palestina di Laut Gaza

“Kapal perang Israel melepaskan tembakan dengan senapan mesin berat ke arah kapal nelayan yang beroperasi di laut lepas Khan Yunis dan Rafah. Tembakan tersebut memaksa mereka untuk mundur, tanpa adanya laporan korban jiwa di antara para nelayan,” sebagaimana dilansir dari RT Arabic.

Israel Tembak Kapal Nelayan Palestina di Pantai Gaza

Pasukan pendudukan Israel berulang kali melakukan kejahatan yang menargetkan para nelayan Gaza, baik dengan mengintimidasi, menembak, menjarah kapal, mengejar, dan menangkap para nelayan. Kejahatan ini sering terjadi bahkan di wilayah penangkapan ikan yang diperbolehkan oleh pendudukan Israel.