Gilboa Jebol, Israel Jadi Bulan-bulanan di Media Sosial

Pengguna Twitter memposting di hashtag #PrisonBreak, menghubungkan istirahat penjara Gilboa dengan film Holywood yang terkenal "Prison Break" dan "Shawshank Redumption."

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,07 Sep 2021,04:48 AM

Tepi Barat, SPNA - Pada Senin subuh (06/09/2021), enam tahanan politik Palestina berhasil keluar dari penjara Gilboa yang terletak di Utara Palestina. Gilboa yang dikenal sebagai penjara dengan tingkat keamanan tinggi ibarat benteng yang hampir  tidak mungkin ada napi yang bisa melarikan diri.

Sel di penjara Gilboa memiliki berat 66 ton –tiga kali lebih berat dari sel standar – dan terbuat dari beton bertulang. Di setiap sel, terdapat delapan tempat tidur dan berbagai fasilitas yang jauh dari kata layak: kamar mandi, toilet, kipas angin, piring dan cerek. Beberapa fasilitas ini bisa disita oleh sipir penjara sebagai bentuk hukuman kolektif kepada para tahanan.

Pembobolan penjara terjadi melalui terowongan yang digali selama bertahun-tahun dengan menggunakan sendok. Terowongan ini bermula dari toilet sel tahanan hingga menembus tanah di luar penjara.

Berita itu pun viral, memicu gelombang kegembiraan yang telah ditunggu-tunggu oleh warga Palestina dan menjadikan Israel bulan-bulanan di media sosial.

Pengguna Twitter memposting di hashtag #PrisonBreak, menghubungkan narapidana Palestina dari penjara Gilboa dengan film Holywood yang terkenal "Prison Break" dan "Shawshank Redumption."

 

 

(T.RA/S: QNN)

 

 

leave a reply
Posting terakhir