Nilai Ekspor Turki 12 Bulan Terakhir Capai 200 Miliar Dolar

Dalam pertemuannya dengan Dewan Eksportir Turki, Erdogan mengatakan bahwa nilai ekspor negaranya dalam 12 bulan terakhir mencapai 200 miliar dolar Amerika. Angka ini menurutnya merupakan yang tertinggi dalam sejarah Turki.

BY Edited Mon,20 Sep 2021,12:07 PM

Ankara, SPNA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa ekspor negaranya selama 12 bulan terakhir melebihi 200 miliar dolar. Ia juga mengisyaratkan bahwa negara tersebut bercita-cita dapat masuk dalam daftar 10 negara ekonomi teratas dunia.

Dikutip dari Anadolu, pernyataan tersebut disampaikan dalam Majelis Umum ke-28 Dewan Eksportir Turki, Sabtu (18/09/2021).

Presiden Turki tersebut mengatakan bahwa ekspor negaranya telah berhasil mencapai 1% dari ekspor dunia. Ia menambahkan bahwa Turki mencatat jumlah ekspor tertinggi dalam sejarahnya secara bulanan, setengah tahunan dan tahunan.

"Ekspor kami selama 12 bulan melampaui batas 200 miliar dolar untuk pertama kalinya. Dan telah memecahkan rekor dengan mencapai 211 miliar dolar  pada 17 September."

Menurut Erdogan, Turki berupaya melalui "peningkatan investasi dan produksi serta peningkatan tingkat teknologi dan kualitas untuk masuk dalam jajaran 10 ekonomi terbesar di dunia."

(T.HN/S: Arabic.sputniknews.com)

leave a reply
Posting terakhir