Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika Tutup Usia

Abdelaziz Bouteflika, mantan Presiden Aljazair meninggl dunia pada usia 84 tahun. Kepergiannya tidak menarik perhatian media dan warga sama sekali.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,20 Sep 2021,12:10 PM

Algiers, SPNA - Mantan Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika meninggal pada hari Jumat (17/09/2021) pada usia 84 tahun.

Bouteflika datang ke kursi kepresidenan setelah berhasil mengakhiri perang saudara berdarah di negara tersebut.

Namun ia terlalu nyaman di kursi kepresidenan sampai dia dipaksa untuk mundur setelah gerakan rakyat besar-besaran yang meminta pelengserannya.

Sebelum tengah malam pada hari Jumat (malam Sabtu), televisi pemerintah Aljazair menyiarkan sebuah berita singkat berisi kabar berpulangnya mantan presiden tersebut.

Dikutip dari france24, kepergian presiden kelahiran 3 April 1937 itu tidak mendapatkan perhatian istimewa dari media maupun warga. Waktu dan tempat pemakamannyapun tidak diumumkan secara resmi.

Bouteflika mengambil alih kursi kepresidenan pada tahun 1999 ketika negara itu terbelah oleh perang saudara. Dia kemudian terpilih kembali pada tahun 2004, 2009 dan 2014.

Kendati ia memiliki masalah kesehatan, pada 2019, ia kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima.

Kejatuhannya menjadi tak terelakkan setelah berminggu-minggu demonstrasi massa menentang masa jabatan kelima. Dia mengumumkan pengunduran diri setelah pihak militer memaksanya untuk melepas kursi kepresidenan.

(T.HN/S: i24news.tv)

leave a reply
Posting terakhir