Ceko Berniat Membeli Perlengkapan Militer dari Israel

Sistem pertahanan udara yang dikembangkan Israel saat ini menjadi salah satu perhatian negara konsumen alat perang dunia.  Ceko kabarnya akan membeli peralatan anti serangan udara tersebut sebanyak empat unit pada tahun 2026.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,28 Sep 2021,09:12 AM

Prague, SPNA - Republik Ceko mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk membeli empat unit perangkat pertahanan udara jarak pendek SPYDER dari Israel pada tahun 2026. Dilansir dari Arabic.rt.com, Senin (27/09/2021).

Kementerian Pertahanan Ceko mengatakan akan membayar $630 juta untuk perlengkapan militer yang dibuat oleh perusahaan Rafael tersebut.

Ceko sebelumnya disebutkan telah mencoba melobi sembilan negara produsen alat militer. Namun Israel dilaporkan berhasil meyakinkan negara tersebut dengan harga terbaik.

Kementerian menambahkan, sistem pertahanan udara buatan lokal Israel tersebut, merupakan yang paling cocok dari segi harga dan sesuai dengan kebutuhan negara. Serta telah memenuhi standar NATO.

Patut dicatat bahwa perusahaan Rafael Israel sangat terkenal dalam pengembangan perisai anti-rudal (Iron Dome). Yaitu tameng yang sering mereka pakai untuk membentengi perbatasan saat bentrokan senjata dengan pejuang Gaza berlangsung.

 Beberapa hari lalu (Kamis, 23/09/2021), Kongres Amerika baru saja mengesahkan Rancangan Undang-Undang baru untuk pendanaan Iron Dome Israel. Tidak tanggung-tanggung, negara yang menjadi rumah bagi enam juta Yahudi dunia itu mencairkan dana sebesar satu miliar dolar.

Kebijakan AS tersebut mendapatkan dukungan suara signifikan dari anggota Kongres. Empat ratus dua puluh (420) di antara mereka mengatakan sejutu, dan hanya di tentang oleh sembilan (9) orang saja.

Kesembilan perwakilan AS tersebut adalah Ilhan Omar, Rashida Tlaib, Ayanna Pressley, Cori Bush, Marie Newman, Raul Grijalva, Chuy Garcia dan  Thomas Massie dan Adre Carson.

(T.HN/S: arabic.rt.com)

leave a reply