Kunjungan Perdana, Lapid Resmikan Kedubes Israel di Bahrain

Kedekatan Bahrain dengan Israel pasca normalisasi hubungan semakin terlihat dengan pertukaran kunjungan resmi. Menlu Israel dilaporkan akan tiba di Ibu Kota Manamah hari ini untuk meresmikan kedutaan besar.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,30 Sep 2021,09:53 AM

Tel Aviv, SPNA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel, Yair Lapid, dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke Bahrain, Kamis (30/09/2021), untuk meresmikan kedutaan negaranya di ibu kota  Manama. Kunjungan resmi ini akan menjadi yang pertama oleh seorang menteri Israel ke Bahrain.

Dalam pengumumannya, Kemenlu Israel menyebutkan bahwa kunjungan itu berawal dari undangan kerajaan Bahrain. Yair dilaporkan akan melakukan peresmian Keduatan Besar (Kedubes) negaranya di Ibu Kota Manamah, serta menandatangani sejumlah kerja sama.

Lapid sejatinya telah bertemu, pada awal September, dengan duta besar Bahrain pertama untuk Israel, Khaled Yousef Al-Jalahma di Tel Aviv. Keduanya juga terlibat dalam penandatanganan sejumlah kerjasama dan peresmian Kedubes Bahrain untuk Israel. 

Ketika itu Lapid mengatakan, "Pembukaan Kedubes Bahrain di Israel adalah langkah lain menuju perdamaian sejati di Timur Tengah. Banyak negara di kawasan ini melihat hubungan yang kuat antara kami dan Bahrain. Keputusan Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al-Khalifa, untuk berdamai dengan Israel dan bergabung dalam lingkaran negara perdamaian yang mengubah wajah Timur Tengah, adalah kebijakan yang sangat berani."

Dalam konteks terkait, Eitan Naeh, ditunjuk sebagai duta besar Israel pertama untuk Bahrain, pada awal bulan ini (September). Sebelumnya, Naeh adalah diplomat Israel yang sebelumnya di tempatkan di Uni Emirat Arab (UEA).

(T.HN/S: i24 News)

leave a reply