Perempuan Palestina Pimpin Komite Kesehatan Gigi Masyarakat Dunia

Elham Kateeb sudah dua kali menjadi ketua Komite Kesehatan Gigi Masyarakat di FDI. Komite ini memantau dan memberi saran kepada Dewan FDI terkait peningkatan kesehatan mulut dan kesehatan umum dalam masyarakat yang kurang beruntung dan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih luas.

BY Edited Sun,03 Oct 2021,01:16 PM

Ramallah, SPNA - Elham Kateeb, perempuan Palestina, sebagaimana dilaporkan WAFA, pada Sabtu (02/10/2021), kembali memimpin untuk kedua kalinya secara berturut-turut, Ketua Komite Kesehatan Gigi Masyarakat dalam Badan Organisasi Dokter Gigi Dunia (FDI), yang bermarkas Jenewa, Swiss.

Elham Kateeb memperoleh sebanyak 84 suara dalam pemungutan suara yang dilakukan perwakilan dari 148 negara. Ia unggul di antara 13 kandidat yang berasal dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Jepang, Cina, India, Pakistan, Meksiko, Nigeria, Indonesia, dan Hong Kong.

Setelah menjadi anggota, Elham Kateeb kemudian dipilih kembali oleh anggota sebagai Ketua Komite Kesehatan Gigi Masyarakat untuk periode 2022-2024. Sebelumnya ia juga menjadi ketua pada periode 2017-2020, yang diperpanjang satu tahun akibat krisis pandemi Corona.

“Selama masa jabatan saya di Komite Kesehatan Gigi Masyarakat pada periode pertama (sebelumnya), saya mampu membuktikan bahwa Palestina memiliki keahlian dan kemampuan yang mampu bersaing secara global,” sebut Elham Kateeb.

Ia menambahkan, keterpilihannya dalam komite ini menegaskan bahwa bangsa Palestina harus terus berjuang di semua forum internasional dalam segala lini ilmiah, sosial, politik, dan ekonomi, serta mengibarkan bendera, identitas, dan nama Palestina.

Elham Kateeb menjabat sebagai Dekan Riset Ilmiah di Universitas Al-Quds pada September 2017. Ia adalah spesialis kesehatan gigi masyarakat yang mengawasi banyak program promosi kesehatan mulut dan pencegahan penyakit di Palestina. Elham Katee bekerja sama dengan kementerian Kesehatan dan Pendidikan, Asosiasi Gigi Palestina, dan berbagai organisasi kesehatan mulut lokal dan internasional.

Selain itu, Elham Kateeb adalah peneliti layanan kesehatan yang mempresentasikan penelitiannya di konferensi internasional dan jurnal kedokteran gigi bergengsi. Penelitiannya berfokus pada akses perawatan gigi dalam masyarakat yang terpinggirkan.

Ia sudah dua kali menjadi ketua Komite Kesehatan Gigi Masyarakat di FDI. Komite ini memantau dan memberi saran kepada Dewan FDI terkait peningkatan kesehatan mulut dan kesehatan umum dalam masyarakat yang kurang beruntung dan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih luas.

Elham Kateeb mendapatkan gelar PhD dari Universitas Iowa, gelar MPH dalam Praktek Kehatan Publik dari Universitas Massachusetts dan gelar DDS dari Universitas Jordan.

(T.FJ/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir