Palestina: Israel Kacaukan Upaya Internasional Pembentukan Negara Palestina

Israel melanggar semua perjanjian yang ditandatangani bersama dan mengobarkan sejumlah perang, baik dengan geografi, populasi, uang, atau narasi-narasi (bohong), yang membuat semua situasi menjadi tidak stabil

BY 4adminEdited Thu,07 Oct 2021,10:10 AM

Ramallah, SPNA - Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, sebagaiman dilansir RT Arabic, pada Rabu (06/10/2021), menyatakan bahwa komunitas internasional terus bekerja sama dengan Palestina untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka.

“Sementara itu, secara sistematis Israel terus bergerak menghancurkan upaya ini melalui pendirian permukiman dan perampasan tanah (Palestina),” sebut Mohammad Shtayyeh.

Pada saat menerima kunjungan Presiden Bank Dunia David Malpass di Ramallah, untuk membahas penguatan upaya Bank Dunia di Palestina, Shtayyeh mengatakan bahwa pihak internasional berkerja sama dengan baik agar terwujudnya negara Palestina.

“Masyarakat internasional bekerja sama dengan kami untuk mewujudkan pembentukan negara Palestina dengan semua elemennya di lapangan,” ujar Shtayyeh.

Menurutnya, kondisi di lapangan sangat berbeda. Israel berusaha menghancurkan upaya-upaya yang telah dilakkan pihak internasional dalam mewujudkan negara Palestian. Otoritas pendudukan Israel secara sistematis dengan memperkuat pendirian permukiman, terus merebut tanah penduduk Palestina, melanjutkan kontrol perbatasan, membatasi pergerakan penduduk Palestina, membatasi akses keluar dan masuk barang, dan mengeksploitasi sumber daya alam Palestina.

“Israel melanggar semua perjanjian yang ditandatangani bersama dan mengobarkan sejumlah perang dengan kami, baik dengan geografi, populasi, uang, atau narasi-narasi (bohong), yang membuat semua situasi menjadi tidak stabil,” sebut Shtayyeh.

Ia meninjau kondisi keuangan sulit yang dialami Otoritas Nasional Palestina sebagai dampak dari krisis pandemi Corona, dan dimulainya proses pemulihan ekonomi selama pandemi.

Shtayyeh juga menyebut permasalahan penghentian dukungan anggaran dari sumber eksternal, dan berlanjutnya aksi ilegal berupa potongan dana Palestina yang dilakukan Israel. Ia menyerukan pihak internasional menekan Israel untuk mencairkan dana yang ditahan.

(T.FJ/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir