Israel Lepaskan Tembakan ke Arah Petani dan Pengembala Gaza

Pasukan pendudukan Israel dengan sengaja selalu menembaki para petani dan penggembala di dekat perbatasan timur Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka mengambil manfaat atau mengolah tanah dan lahan pertanian mereka yang berada dekat dengan perbatasan.

BY 4adminEdited Sun,22 May 2022,01:59 PM

Gaza, SPNA - Pasukan pendudukan Israel, pada Sabtu pagi (21/05/2022), melepaskan tembakan ke arah para petani dan penggembala Palestina, di sebelah timur Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza.

Koresponden Palinfo melaporkan bahwa pasukan pendudukan Israel menembakkan senjata otomatis ke arah sejumlah petani dan penggembala di timur kota Qarara, timur Khan Yunis di selatan Jalur Gaza. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Sebelumnya, pada Rabu (11/05/2022), pesawat tak berawak pasukan pendudukan Israel, menembakkan sejumlah tabung gas air mata ke arah lahan pertanian di timur Khan Yunis di selatan Jalur Gaza.

Pasukan pendudukan Israel dengan sengaja selalu menembaki para petani dan penggembala di dekat perbatasan timur Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka mengambil manfaat atau mengolah tanah dan lahan pertanian mereka yang berada dekat dengan perbatasan.

Berdasarkan laporan organisasi internasional pemantau Hak Asasi Manusia, Euro-Mediterania Monitor, otoritas Israel mengontrol luas lahan pertanian di Jalur Gaza, dengan memberlakukan zona penyangga selebar 300 meter di sepanjang pagar pemisah. Meskipun pihak berwenang Israel mengklaim mengizinkan petani untuk mencapai atau menggarap tanah sejauh 100 meter dari pagar pemisah dengan syarat adanya koordinasi sebelumnya. Namun, pada praktiknya di lapangan membuktikan sebaliknya. Petani Gaza menghadapi bahaya besar ketika mendekati daerah tersebut dan karena itu mereka tidak dapat bekerja secara normal.

Selain itu, selama tahun-tahun blokade dan serangan militer, pasukan pendudukan Israel menghancurkan sebagian besar lahan pertanian, yang menyebabkan kerugian besar bagi petani dan pemilik tanah.

Setelah serangan militer 2012, Israel mengizinkan penduduk mengakses lahan sejauh 100 meter di dekat pagar, tetapi pada 2013, jumlahnya meningkat menjadi 300 meter.

Israel menentukan jarak izin yang harus dipatuhi petani Palestina, yang membuat petani Gaza khawatir pihak Israel akan menargetkan mereka jika aturan tersebut dilanggar. Pasukan Israel sering menargetkan petani di daerah yang diizinkan jika aturan dilanggar tanpa pembenaran apa pun. Selain itu, pasukan Israel melakukan serangan berkala ke lahan pertanian di mana para petani bekerja di daerah yang aman.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Israel Lepaskan Tembakan ke Arah Nelayan Gaza

Berdasarkan Perjanjian Oslo, yang ditandatangani Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel pada tahun 1994, penduduk Palestina diizinkan untuk berlayar dan menangkap ikan di kawasan hingga 20 mil laut (37 kilometer) di lepas pantai Jalur Gaza. Namun, penduduk Palestina selalu dicegah untuk mencapai jarak tersebut. Israel secara rutin mengurangi zona penangkapan ikan di Gaza.

Israel Lancarkan Tembakan ke Arah Petani dan Penggembala di Jalur Gaza

Sumber lokal menyatakan bahwa tentara pendudukan Israel yang ditempatkan di dalam situs militer Abu Mtaibiq, di sebelah timur kamp pengungsi Palestina Al-Maghazi di kawasan tengah Jalur Gaza, menembaki para penggembala di sebelah timur kamp, ​​yang memaksa mereka untuk meninggalkan lahan penggembalaan.