Israel Lepaskan Tembakan ke Nelayan Palestina di Jalur Gaza

Sejak awal tahun 2022, sebanyak 15 nelayan terluka dan 41 lainnya ditangkap dalam serangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel di lepas pantai Jalur Gaza.

BY 4adminEdited Mon,04 Jul 2022,02:08 PM

Gaza, SPNA - Kapal pasukan angkatan laut pendudukan Israel, pada Sabtu sore (02/07/2022), melepaskan tembakan senapan mesin berat ke arah sejumlah kapal nelayan di selatan Jalur Gaza.

Sumber dari  Komite Nelayan Jalur Gaza menyebutkan bahwa pasukan angkatan laut pendudukan Israel, yang ditempatkan di laut provinsi Khan Yunis dan Rafah, di selatan Jalur Gaza selatan, menembaki sejumlah kapal nelayan yang beroperasi di laut tersebut. Tindakan tersebut memaksa para nelayan untuk mundur dan meninggalkan aktivitas penangkapan ikan.

Pasukan pendudukan Israel berulang kali melakukan kejahatan yang menargetkan para nelayan Gaza, baik dengan mengintimidasi, menembak, menjarah kapal, mengejar, dan menangkap para nelayan. Kejahatan ini sering terjadi bahkan di wilayah penangkapan ikan yang diperbolehkan oleh pendudukan Israel.

Sejak awal tahun 2022, sebanyak 15 nelayan terluka dan 41 lainnya ditangkap dalam serangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel di lepas pantai Jalur Gaza.

Hampir setiap hari, angkatan laut pendudukan Israel dengan sengaja mengganggu kehidupan para nelayan di laut Gaza, dan mencegah mereka melakukan penangkapan ikan.

Perjanjian Oslo, yang ditandatangani Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel pada tahun 1994, menetapkan bahwa penduduk Palestina diizinkan untuk berlayar hingga 20 mil laut (37 kilometer) di lepas pantai Jalur Gaza. Namun, penduduk Palestina selalu dilarang untuk mencapai jarak tersebut dan hanya diperbolehkan menjangkau jarak yang kurang dari 12 mil laut dan bahkan jaraknya berubah-ubah sesuai kehendak pasukan pendudukan Israel.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Israel Lepaskan Tembakan ke Arah Nelayan Gaza

Berdasarkan Perjanjian Oslo, yang ditandatangani Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel pada tahun 1994, penduduk Palestina diizinkan untuk berlayar dan menangkap ikan di kawasan hingga 20 mil laut (37 kilometer) di lepas pantai Jalur Gaza. Namun, penduduk Palestina selalu dicegah untuk mencapai jarak tersebut. Israel secara rutin mengurangi zona penangkapan ikan di Gaza.

Israel Lepaskan Tembakan ke Arah Petani dan Pengembala Gaza

Pasukan pendudukan Israel dengan sengaja selalu menembaki para petani dan penggembala di dekat perbatasan timur Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka mengambil manfaat atau mengolah tanah dan lahan pertanian mereka yang berada dekat dengan perbatasan.