Randa Sedar, Bocah Palestina Jadi Peserta Termuda dalam Olimpiade Catur 2022

Randa, yang berasal dari provinsi Hebron Palestina, telah 'mencuri perhatian' dengan menjadi pemain termuda dalam Olimpiade Catur ini.

BY 4adminEdited Thu,04 Aug 2022,07:07 PM

Chennai, SPNA - Olimpiade Catur 2022 ke-44 yang digelar sejak 26 Juli hingga 10 Agustus mendatang, menampilkan tim juara dunia India, yang terus menjadi favorit di kalangan para penonton. Namun, di antara semua tim yang berlaga, seorang anak berusia delapan tahun berhasil menarik perhatian dalam turnamen tersebut.

Adalah Randa Sedar, bocah asal Palestina, menjadi salah satu peserta dalam turnamen yang diikuti tim dari 185 negara tersebut. Randa, yang berasal dari provinsi Hebron Palestina, telah 'mencuri perhatian' dengan menjadi pemain termuda dalam Olimpiade Catur ini.

Selain Randa, Palestina mengutus peserta lainnya dalam turnamen ini, yaitu; Taqwa Hamouri (peringkat 1214), Sara Alhmouri dan Eman Sawan

Setelah memenangkan medali perak di Kejuaraan Catur Wanita Palestina awal tahun ini, Randa Sedar, yang menempati peringkat kedua dunia di divisi U-6, berhasil mengambil tempat dalam tim nasional Palestina. Di sebagian besar kompetisi yang ia mainkan, sejauh ini, ia selalu menjadi peserta termuda.

Meskipun baru berusia delapan tahun, para pesaingnya merasa sulit untuk mengalahkannya. Ali Mohammed Fahima dari Komoro adalah lawannya dalam kompetisi putaran kedua, dan Randa mengalahkannya hanya dalam 39 gerakan untuk memenangkan permainan.

Menurut salah satu pendampingnya, Randa telah belajar permainan catur dari ayahnya sejak usia lima tahun. Ayahnya adalah seorang pelatih catur, sementara kakak laki-lakinya pun bermain catur dan seorang Master FIDE.

Sementara itu, Randa ditemani peserta Palestina lainnya, yang semuanya masih berusia remaja. Eman Sawan merupakan juara catur U-14 Arab yang berusia 15 tahun; dan Sara Alhmouri, yang berusia 16 tahun.

Squad putri Palestina ini tampak antusias dan kuat, dan Randa, pilar catur yang berkembang di negara mereka. Mereka mendapat sambutan yang luar biasa di turnamen kali ini meskipun, di sisi lain, kesulitan yang mereka hadapi di tanah air mereka masih belum usai.

(T.RA/S: msn)

leave a reply
Posting terakhir