Washington Tuntut Israel Agar Mengungkap Pelaku Pembunuhan Reporter Palestina Shiren Abu Akle

“Kami menekankan agar pemerintah Israel mengungkap pihak yang bertanggung jawab atas tragedi tersebut, termasuk laporan rencana dan tindakan yang telah dilakukan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, ‘

BY 4adminEdited Tue,06 Sep 2022,09:19 AM

Washington, SPNA – Washington menuntut Tel Aviv agar mengungkap pelaku pembunuhan terhadap Shiren Abu Akle.

Amerika Serikat diwakili juru bicara Kementerian Luar Negeri, Edward Price menuntut Israel agar mengungkap kasus tersebut.

“Kami menekankan agar pemerintah Israel mengungkap pihak yang bertanggung jawab atas tragedi tersebut, termasuk laporan rencana dan tindakan yang telah dilakukan demi mencegah targedi serupa di masa depan, ‘’ tegasnya seperti dikutip Rt Arabic (06/09/2022).

Tuntutan tersebut menyusul laporan resmi pemerintah Israel bahwa prajurit IDF telah melepaskan tembakan secara tak sengaja dan membunuh Shiren Abu Akle, bulan Mei lalu.

Tel Aviv juga mengatakan bahwa mustahil untuk menentukan sumber peluru yang menewaskan wartawan Palestina tersebut.

Di saat yang sama Juru Bicara Pemerintah Palestina, Nabi Abu Rudeina mengatakan pernyataan Tel Aviv hanyalah upaya untuk melepaskan diri dari tanggung jawab terhadap tindakan kriminal yang menewaskan Jurnalis Palestina.

“Bukti dilapangan serta hasil investigasi menyatakan bahwa pasukan Israel terbukti bersala dan mereka harus bertanggung jawab.  Pemerintah Palestina akan terus mengupayakan keadilan bagi Shiren dengan mengangkat kasus tersebut ke Pengadilan Internasional,” tegasnya Rudeina seperti dikutip Maannews.

Akle gugur saat meliput aksi bentrok yang terjadi di kota Jenin. Dia  mengenakan rompi anti peluru yang bertuliskan “PRESS” dan memakai helm pelindung, sayangnya dimana peluru pasukan Israel menembus bagian wajahnya dibawah helm.

(T.RS/S:RtArabic-Maannews)

leave a reply