Resmi, Jurnalis Palestina Laporkan Kasus Pembunuhan Shireen Abu Akleh ke Mahkamah Pidana Internasional

Laporan tersebut diajukan oleh Direktur Palestinian Journalists Syndicate (PJS) Nasr Abu Bakr, dan Mantan Kepala Federasi Jurnalis Internasional Jim Boumelha serta ditemani Antoine Abu Akle, saudara dari Shiren.

BY 4adminEdited Tue,20 Sep 2022,01:32 PM

Den Haag, SPNA – Setelah melalui perjuangan panjang akhirnya Palestina berhasil mengajukan gugatan atas kasus pembunuhan terhadap jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, Rabu (20/09/2022). 

Laporan tersebut diajukan oleh Direktur Palestinian Journalists Syndicate (PJS) Nasr Abu Bakr, dan Mantan Kepala Federasi Jurnalis Internasional Jim Boumelha serta ditemani Antoine Abu Akle, saudara dari Shiren.

“Meskipun ada tekanan kuat dari Israel dan kaki tangan mereka di luar negeri, kami baru saja menyerahkan file lengkap terkait gugatan terhadap Israel atas kasus pembunuhan Shireen Abu Akleh pada Mei lalu,” tulis PJS di situs resminya.  

ICC diminta untuk membuka penyidikan atas kasus pembunhan Shireen oleh pengacara dari Bindmans LLP dan Doughty Street Chambers sebagai perwakilan dari pihak keluarga Abu Akle.

Gugatan diajukan setelah seluruh prosedur hukum dilaksanakan guna memastikan kemenangan dan pejabat Israel yang bertanggung jawab atas pembunuhan segera diadili sesuai hukum yang berlaku.

Laporan tersebut menyertakan keterangan saksi mata yang melihat langsung tragedi pembunuhan terhadap Shiren serta keterangan Jaksa Penuntut Umum Palestina.

PJS mengungkap bahwa Israel melalui lobi zionis menekan sejumlah lembaga internasional untuk menghalangi prosesi pengajuan laporan tersebut kepada ICC dan menghalangi pelaksanaan konferensi pers.

Salah satunya adalah pembatalan pihak manajemen hotel untuk menggelar konferensi pers padahal sebelumnya, acara tersebut sudah direncanakan dan disetujui.  

PJS juga menegaskan akan berjuang demi menuntut pihak Israel yang bertanggung jawab atas pelanggaran hukum dan kemanusiaan di Palestina. Mereka berjanji akan mengikuti perkembangan kasus tersebut hingga selesai agar warga Palestina mendapatkan keadilan dan hak mereka serta memastikan bahwa para pelanggar hukum tersebut tidak lepas dari jeratan hukum.

(T.RS/S: PJS)

leave a reply
Posting terakhir

PBB: Jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh Meninggal Ditembak Israel

“Semua informasi yang kami kumpulkan, termasuk dari tentara Israel dan jaksa agung Palestina, menegaskan sebuah fakta bahwa tembakan yang menewaskan Abu Akleh dan melukai rekannya Ali Al-Samudi ditembak oleh pasukan keamanan Israel dan bukan berasal dari tembakan acak yang ditembakkan orang-orang Palestina bersenjata, seperti yang sebelumnya diklaim oleh otoritas Israel,” sebut juru bicara OHCHR.

B'Tselem: AS Tutupi Kejahatan Israel Atas Pembunuhan Shireen Abu Akleh

“Sejauh menyangkut Israel, kebijakan mengenai pembunuhan penduduk Palestina tidak pernah menghasilkan apa pun selain upaya menutupi kejahatan secara terorganisir yang dimaksudkan untuk memungkinkan berlanjutnya kejahatan pembunuhan yang membuat Israel mendapat impunitas. Baik itu ketika menyangkut warga negara AS seperti pada kasus ini. Kemungkinan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Shireen Abu Akleh akan dimintai pertanggungjawaban sama sekali tidak ada,” sebut B’Tselem.