Pasukan Israel Ratakan Lahan Luas untuk Kepentingan Perusahaan Air Nasional Israel

Wakil Wali Kota Az-Zawiya, Anees Shuqair, mengatakan total area 40 KM tanah akan terpengaruh oleh proyek Israel ini.

BY 4adminEdited Thu,22 Sep 2022,09:16 AM

Selfit, SPNA – Pasukan pendudukan Israel, Rabu (21/09/2022), meratakan lahan luas milik warga kota Az-Zawiya di sebelah barat Salfit dan menebang puluhan pohon zaitun untuk kepentingan proyek yang melayani perusahaan air nasional Israel, Mekorot, menurut seorang pejabat setempat.

Wakil Wali Kota Az-Zawiya, Anees Shuqair, mengatakan kepada salah satu media lokal Palestina, WAFA, bahwa pasukan Israel hari ini melanjutkan aktivitas mereka untuk meratakan tanah yang luas yang terletak di pintu masuk utara kota Az-Zawia. Bertujuan untuk memasang pipa air untuk kepentingan eksklusif perusahaan Mekorot Israel. . Pipa air akan menghubungkan dua pemukiman ilegal; pemukiman Ariel dengan pemukiman Elkana di timur dan barat laut kota.

Dia mencatat bahwa total area 40 KM tanah akan terpengaruh oleh proyek Israel ini.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh organisasi hak asasi manusia Palestina, Al-Haq, Mekorot, perusahaan air nasional Israel, mengambil air yang melebihi aturan penggunaan hasil dari Peraturan Den Haag dan, dengan demikian, melanggar hukum kemanusiaan internasional (IHL).

“Dengan mengambil air dalam jumlah besar secara ilegal dari warga Palestina, tindakan Mekorot dapat dianggap sebagai kejahatan perang penjarahan. Melalui tindakan ini, Mekorot, dan banyak perusahaan lainnya, secara terang-terangan melanggar mata pencaharian warga Palestina, pelanggaran Pasal 1(2) Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik dan Pasal 1(2) Kovenan Internasional tentang Ekonomi, Sosial dan Hak Budaya,” katanya.

(T.HN/S: Wafa.ps)

leave a reply
Posting terakhir