Pertemuan Tripartit Palestina, Mesir, Yordania: Hak-hak Palestina Harus Dijaga

Baik As-Sisi maupun Raja Abdullah II, keduanya sama-sama menegaskan dukungan penuh mereka untuk Presiden Abbas yang sedang menghadapi situasi sulit.

BY 4adminEdited Wed,18 Jan 2023,02:41 PM

Kairo, SPNA – Pertemuan tiga pemimpin negara, Presiden Palestina Mahmud Abbas, Presiden Mesir Abdel Fattah As-Sisi dan Raja Yordania Abdullah II, di Kairo, Selasa (17/01/2023), menghasilkan sebuah seruan bersama bahwa perlunya menjaga hak-hak warga Palestina, serta merawat upaya bersama yang berkelanjutan demi mencapai perdamaian yang komprehensif.

Dalam pertemuan puncak tripartit di ibu kota Mesir itu, ketiga pemimpin negara tersebut sepakat menjadikan kasus Palestina sebagai salah satu topik utama.

Hak Palestina yang dimaksud salah satunya adalah kedaulatan di atas wilayah tahun 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kota negara. Hal itu disebutkan sudah sesuai dengan amar hukum internasional, dan Inisiatif Perdamaian Arab yang tertuang dalam solusi dua negara.

Baik As-Sisi maupun Raja Abdullah II, keduanya sama-sama menegaskan dukungan penuh mereka untuk Presiden Abbas yang sedang menghadapi situasi sulit, di tengah meningkatnya tantangan regional dan internasional.

Dalam laporan yang dikeluarkan Kantor Kepresidenan Mesir itu juga disebutkan bahwa ketiga pemimpin negara tersebut juga menekankan perlunya partisipasi masyarakat internasional untuk memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina dan hak-hak sah mereka.

Masyarakat internasional harus bergabung dalam upaya menemukan cakrawala politik nyata yang efektif untuk menyelesaikan masalah Palestina.

(T.HN/S: Wafa)

leave a reply
Posting terakhir