Gerombolan Pemukim Israel Serang Kendaraan Penduduk Palestina di di Lembah Yordan

​​​​​​​Tubas, SPNA - Gerombolan pemukim Israel, pada Sabtu malam (28/01/2023), menyerang sejumlah kendaraan milik penduduk ...

BY 4adminEdited Sun,29 Jan 2023,01:38 PM

Tubas, SPNA - Gerombolan pemukim Israel, pada Sabtu malam (28/01/2023), menyerang sejumlah kendaraan milik penduduk Palestina di persimpangan Ain Al-Hilweh, di utara Lembah Yordan.

Koordinator Komisi Perlawanan Permukiman di provinsi Tubas, Moataz Bisharat, menyatakan bahwa gerombolan pemukim menutup persimpangan Ain al-Hilweh dan menyerang sejumlah kendaraan penduduk Palestina dengan batu.

Dalam konteks yang sama, sumber-sumber lokal menyebut sejumlah pemukim berkumpul di persimpangan Mehola, yang berada di dekat desa Ain Al-Baida, Bardala, dan Kardala.

Gerombolan pemukim Israel telah merebut ribuan dunum atau ratusan hektare tanah penggembalaan dan lahan pertanian penduduk Palestina di berbagai wilayah di kawasan utara Lembah Yordan. Mereka juga mendirikan sejumlah pos permukiman ilegal di puncak pegunungan.

Sejak beberapa tahun terakhir kawasan utara Lembah Yordan mengalami peningkatan serangan yang dilakukan gerombolan pemukim dan pasukan pendudukan Israel. Mereka menyerang penduduk Palestina, harta benda, bahkan merampas mobil traktor pertanian dan menggangu para petani Palestina yang sedang bekerja di lahan pertanian.

Wilayah Lembah Yordan membentang ke utara Laut Mati di sekitar 30 persen dari total luas Tepi Barat, dan 65 ribu orang Palestina tinggal di daerah tersebut, sementara otoritas pendudukan Israel membawa sekitar 11.000 pemukim Yahudi Israel di pos-pos yang didirikan secara paksa dan ilegal di tanah Palestina.

Lembah Yordan ini merupakan cadangan tanah terbesar bagi Palestina. Namun, otoritas pendudukan Israel merebut sebagian besar wilayahnya, dan mengeksploitasinya hanya untuk kepentingan sendiri, dengan tujuan mencaploknya secara de facto.

(T.FJ/S: WAFA, Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir