Ribuan Orang Berkumpul di London Peringati 75 Tahun Nakba

Demonstrasi yang bertajuk "Nakba 75 – Akhiri Apartheid, Akhiri Pendudukan" tersebut bertujuan untuk menunjukkan solidaritas dan menuntut tindakan nyata untuk mengakhiri dukungan Inggris terhadap sistem penindasan Israel.

BY 4adminEdited Mon,15 May 2023,02:22 AM

London, SPNA - Ribuan orang berkumpul di London, Inggris pada hari Sabtu (13/05/2023) guna memperingati 75 tahun tragedi Nakba atau Hari Kehancuran. Warga palestina memeringati peristiwa memilukan ini pada 15 Mei setiap tahunnya untuk mengingat pengusiran ratusan ribu warga Palestina dari rumah dan tanah mereka pada tahun 1948 setelah berdirinya "Israel".

Anadolu Agency melaporkan, demonstrasi yang bertajuk "Nakba 75 – Akhiri Apartheid, Akhiri Pendudukan" tersebut bertujuan untuk menunjukkan solidaritas dan menuntut tindakan nyata untuk mengakhiri dukungan Inggris terhadap sistem penindasan Israel.

Ribuan orang berkumpul di depan kantor pusat BBC dan berbaris menuju Downing Street, tempat Kantor Perdana Menteri, Nomor 10, berada.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Palestina di Inggris, Sahabat Al-Aqsa, Kampanye Solidaritas Palestina, dan Asosiasi Muslim Inggris.

"Kami menandai Nakba bukan hanya sebagai peristiwa sejarah tetapi sebagai proses penindasan yang terus berlangsung selama 75 tahun terakhir melalui penjajahan tanah yang sedang berlangsung, penegakan apartheid dan pendudukan militer," kata Kampanye Solidaritas Palestina.

“Rakyat Palestina membutuhkan solidaritas kita sekarang lebih dari sebelumnya,” tambahnya.

Aksi Palestina juga menargetkan kantor perusahaan logistik Kuehne dan Nagel, yang berlokasi di Leicester, karena hubungannya dengan produsen senjata Israel Elbit Systems.

Aktivis menutupi tempat itu dengan cat semprot dan menghancurkan peralatan kantor termasuk telepon dan komputer.

"Kuehne dan Nagel seharusnya tahu bahwa dengan bekerja sama dengan Elbit, perusahaan militer dan senjata terbesar Israel, mereka mendukung pembunuhan dan pembersihan etnis warga Palestina: melakukan pengiriman atau mengawasi logistik merupakan kontribusi langsung ke rantai pasokan senjata Israel," ungkap Aksi Palestina dalam sebuah pernyataan.

"Semua perusahaan harus menghentikan pencatutan mereka dari pertumpahan darah Palestina, atau Aksi Palestina akan menghentikannya untuk mereka," tambahnya.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

Untuk Pertama Kalinya, PBB Akan Adakan KTT Peringati 75 Tahun Nakba

Nakba merupakan istilah yang melambangkan pengusiran paksa secara massal pada tahun 1948 terhadap lebih dari 750.000 orang Palestina dari rumah dan tanah mereka, ketika gerakan Zionis dengan dukungan Inggris, berhasil merampas tanah Palestina dengan kekuatan senjata dan mendeklarasikan berdirinya negara Israel.