Pasukan Israel Serang Kota Nablus, 38 Warga Palestina Terluka

Dalam serangan tersebut militer pendudukan melepaskan peluru tajam dan gas air mata di Wilayah Pendudukan Palestina.

BY 4adminEdited Thu,18 May 2023,03:17 AM

Nablus, SPNA - Pasukan Israel melakukan serangan ke kota Nablus, Tepi Barat, yang menyebabkan 38 warga Palestina terluka pada hari Kamis (18/05/2023). Dalam serangan tersebut militer pendudukan melepaskan peluru tajam dan gas air mata di Wilayah Pendudukan Palestina.

Menurut saksi mata yang dikutip oleh laporan media, sejumlah besar tentara Israel menggerebek beberapa distrik Nablus pada Kamis pagi, membobol dan menggeledah rumah warga Palestina.

Protes kemudian pecah antara puluhan pemuda Palestina dan pasukan Israel. Pasukan pendudukan menembakkan peluru dan gas air mata saat warga Palestina melemparkan batu dan botol kaca serta menutup jalan untuk mencegah kendaraan lapis baja Israel memasuki kota. Laporan lain menyebutkan terjadi konfrontasi antara pasukan Israel dan kelompok bersenjata Palestina.

Dalam pernyataan Bulan Sabit Merah Palestina, dilaporkan bahwa timnya "menangani 38 orang cedera di tengah konfrontasi antara warga Palestina dan tentara Israel di Nablus". Di antara mereka yang terluka adalah seorang warga Palestina yang menderita luka kritis akibat luka tembak di punggung dan tujuh lainnya tertembak peluru karet, dengan 80 orang dilaporkan juga menderita gangguan pernapasan akibat menghirup gas air mata.

Sumber keamanan Palestina yang dikutip oleh media mengatakan bahwa, selain penggerebekan dan penggeledahan rumah, pasukan Israel menutup rute utama di dalam kota dalam upaya untuk melindungi sekelompok pemukim Israel yang melakukan perjalanan ke situs Makam Yusuf di daerah sekitar Nablus. .

Insiden itu terjadi hanya beberapa hari setelah Kementerian Kesehatan Palestina mengungkapkan dalam siaran pers pada hari Senin bahwa jumlah warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel sejak awal tahun 2023, sejauh ini, telah mencapai 151 orang.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply