SEKJEN PBB: Israel Wajib Lindungi Kantro PBB di Gaza

BY Rizky SyahputraEdited Fri,26 Aug 2016,07:14 AM

SEKJEN PBB:  Israel  Wajib Lindungi  Bangunan Milik PBB di Jalur Gaza

Jalur Gaza – SuaraPalestina - Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memperingatkan Israel  untuk tetap menghormati seluruh bangunan PBB di Jalur Gaza. Hal tersebut kembali mengemuka setelah Israel mengakhiri penyidikan atas sebuah sekolah milik  PBB yang rusak parah akibat serangan udara Israel tahun 2014.

Otoritas Israel pada hari Rabu (24/8/2016) mengumumkan penutupan proses penyidikan terkait gempuran Israel di sekolah tersebut yang mengakibatkan korban tewas sebanyak 10 orang.

Juru bicara  PBB Stevan Dojarek mengatakan bahwa Sekjen PBB Ban Ki-moon  mencatat kesimpulan hasil penyidikan komite bentukan Israel, dan memperingatkan dengan tegas bahwa bangunan PBB wajib dilindungi meski dalam kondisi  perang.

Dojarek menambahkan, bahwa menurut Ban Ki-moon Israel belum memberikan jaminan atau janji untuk tidak mengulangi kejahatan perang yang menggemparkan dunia internasiona itu.

Menurut laporan penyidikan  PBB dan berdasarkan informasi dari berbagai pihak, bahwa Israel dengan sangat jelas  telah melakukan kejahatan perang  dengan membombardir secara membabibuta seluruh kawasan di Jalur Gaza termasuk bangunan milik PBB.

Di sisi lain,  Israel mengklaim bahwa pihaknya tidak berbuat salah atas peristiwa  serangan udara terhadap sekolah yang terletak di bagian Selatan kota Rafah itu,  meski telah mendapat kecaman keras dari PBB, Amerika dan Prancis.

leave a reply
Posting terakhir