Penangguhan Bantuan UNRWA adalah ‘Hukuman Mati’ bagi Warga Gaza

Seorang juru bicara UNRWA mengatakan bahwa lembaga tersebut tidak akan dapat melanjutkan pekerjaannya setelah bulan Februari jika pendanaan tidak dilanjutkan. Lebih dari 10 negara, termasuk donor utama, Amerika Serikat, telah menangguhkan pendanaan.

BY 4adminEdited Tue,30 Jan 2024,09:23 AM

Gaza, SPNA - Ibu Palestina, Mazouza Hassan, terkejut dengan potensi ancaman terhadap pekerjaan badan PBB yang menangani sebagian besar bantuan di Gaza. Ini terjadi setelah beberapa negara Barat menangguhkan pendanaan atas tuduhan bahwa para pegawainya ikut serta dalam serangan Hamas terhadap Israel, Reuters.

“Kami dilempar ke dalam tenda, anak-anak kami perlu divaksinasi dan wanita hamil harus melahirkan… Kemana orang-orang ini akan pergi?” kata Hassan, salah satu dari 85 persen penduduk Gaza yang kehilangan tempat tinggal akibat serangan militer Israel di Gaza.

Perang tersebut telah menjerumuskan Gaza ke dalam bencana kemanusiaan, menyebabkan penduduknya terancam kelaparan dan penyakit, sistem medis runtuh, sekolah-sekolah dijadikan tempat penampungan dan sebagian besar penduduk tinggal di tenda-tenda.

Bagi sebagian besar dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza, keberadaan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sangatlah penting, bahkan sebelum perang terbaru Israel-Palestina dimulai pada 7 Oktober tahun lalu.

Seorang juru bicara UNRWA mengatakan bahwa lembaga tersebut tidak akan dapat melanjutkan pekerjaannya setelah bulan Februari jika pendanaan tidak dilanjutkan. Lebih dari 10 negara, termasuk donor utama, Amerika Serikat, telah menangguhkan pendanaan.

“UNRWA adalah masa depan dan kehidupan kita dari awal hingga saat ini. Siapa yang akan mendukung kami?” kata Hassan sambil berdiri di dekat anak-anaknya, di tempat pengungsian di Rafah, ujung selatan Jalur Gaza.

Badan ini mempekerjakan sekitar 13.000 orang di Gaza, bagian dari total sekitar 30.000 tenaga kerja yang bekerja dengan pengungsi Palestina di Timur Tengah.

Israel menuduh 13 pegawai UNRWA di Gaza ikut serta dalam serangan mendadak Hamas ke Israel yang menewaskan lebih dari 1.200 orang dan memicu konflik. Sebuah dokumen yang dibuat Israel menyebutkan total 190 staf UNRWA juga pernah bergabung dengan Hamas atau Jihad Islam.

Namun, sejak saat itu Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh lebih banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Badan tersebut mengatakan telah memecat beberapa staf dan sedang menyelidiki tuduhan Israel.

Israel telah berulang kali menyamakan staf UNRWA dengan anggota Hamas dalam upaya untuk mendiskreditkan mereka, tanpa memberikan bukti atas klaim tersebut, sambil melakukan lobi keras agar UNRWA ditutup, karena lembaga tersebut adalah satu-satunya badan PBB yang mempunyai mandat khusus untuk mengurus kebutuhan dasar warga dan pengungsi Palestina. Jika lembaga tersebut tidak ada lagi, bantah Israel, maka masalah pengungsi tidak akan ada lagi, dan hak sah bagi pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah air mereka tidak diperlukan lagi. Israel telah menolak hak untuk kembali tersebut sejak akhir tahun 1940an, meskipun keanggotaan mereka di PBB dibuat dengan syarat bahwa pengungsi Palestina diizinkan untuk kembali ke rumah dan tanah mereka.

Serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober telah menewaskan sedikitnya 26.600 orang, kata otoritas kesehatan di wilayah tersebut, sehingga memicu tuduhan genosida di Afrika Selatan, yang dibantah oleh Israel di Mahkamah Internasional.

'Hukuman mati'

Di titik distribusi bantuan UNRWA di Rafah, sebuah kota di perbatasan dengan Mesir yang dipenuhi pengungsi, para lelaki membawa berkarung-karung berat tepung ketika warga Palestina mengantri untuk mendapatkan pasokan.

Mantan juru bicara UNRWA, Chris Gunness, mengatakan organisasi tersebut telah lama menghadapi masalah pendanaan saat berupaya menyediakan layanan inti seperti pendidikan. Namun, yang paling dia takuti adalah pekerjaan kemanusiaan darurat UNRWA.

“Program daruratnya saat ini adalah yang paling penting. Anda tidak bisa mendapatkan makanan jika Anda tidak punya uang untuk membayar pemasok,” katanya.

“Risiko sebenarnya adalah masyarakat yang paling putus asa, yaitu perempuan yang memiliki bayi baru lahir yang mencari makanan dan obat-obatan serta air dan produk kebersihan, akan menghadapi dampak terburuk.”

Salah satu pria yang menunggu di pusat distribusi, Ahmed Al-Nahal, menyebut penghentian pendanaan adalah “hukuman mati”, dan mengatakan orang-orang akan kelaparan di jalanan jika pasokan bantuan dihentikan.

“Jika bukan karena Tuhan dan bukan karena badan UNRWA, kami akan mati,” tambahnya.

UNWRA didirikan pada tahun 1948 untuk melaksanakan operasi bantuan bagi pengungsi Palestina akibat perang yang menyertai berdirinya negara Israel. Israel telah lama menyerukan agar lembaga tersebut dibubarkan, dengan alasan bahwa misinya sudah usang dan hal tersebut menumbuhkan sentimen anti-Israel di antara stafnya, namun hal ini dibantah oleh Badan tersebut.

“Sudah waktunya untuk membubarkan UNRWA dan memikirkan cara lain untuk mendukung Palestina,” kata anggota parlemen Israel, Danny Danon, dari partai Likud pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Memasak roti pipih dengan tepung yang disuplai UNRWA dalam oven buatan sendiri di sebelah tenda tempat dia tinggal sekarang, Ummu Hassan Al-Masry mengatakan dia bergantung pada Badan tersebut dalam segala hal.

“Kami menunggu bantuan mereka setiap saat,” katanya.

UNRWA mengelola sekolah-sekolah di Gaza, klinik kesehatan dasar dan layanan sosial lainnya. Sebagai saluran utama bantuan di daerah kantong yang kecil dan padat ini, bagi banyak warga Palestina, wilayah tersebut kini menjadi penghalang terakhir antara mereka dan bencana total.

(T.RA/S: MEMO)

 

 

 

leave a reply