Bisakah AS Yakinkan Israel untuk Menerima Proposal Perdamaian Jangka Panjang?

Tekanan untuk melakukan gencatan senjata meningkat ketika pasukan Israel bergerak menuju kota Rafah di perbatasan selatan Gaza dengan Mesir.

BY 4adminEdited Wed,07 Feb 2024,11:52 AM

Tel Aviv, SPNA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken sedang mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Israel untuk berbicara mengenai perang di Gaza saat negosiasi gencatan senjata terus berlanjut.

Blinken, dalam kunjungannya yang kelima ke wilayah tersebut sejak perang pecah, berusaha untuk memajukan perundingan gencatan senjata sambil mendorong penyelesaian pasca-perang yang lebih besar, di mana Arab Saudi akan menormalisasi hubungan dengan Israel dengan imbalan perjanjian yang “jelas, kredibel, dan dapat dipercaya,” dengan alan yang terikat waktu menuju pembentukan negara Palestina.

Namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang semakin tidak populer menentang pembentukan negara Palestina, dan koalisi pemerintahannya yang agresif bisa runtuh jika ia dianggap memberikan terlalu banyak konsesi.

Tekanan untuk melakukan gencatan senjata meningkat ketika pasukan Israel bergerak menuju kota Rafah di perbatasan selatan Gaza dengan Mesir, tempat lebih dari separuh penduduk wilayah yang terkepung itu berlindung. PBB telah memperingatkan “kehilangan nyawa dalam skala besar” jika pasukan Israel menyerang daerah yang menampung 1,4 juta orang tersebut.

(T.HN/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir