27 Negara Uni Eropa Sepakat Beri Sanksi kepada Ekstremis Israel di Tepi Barat

Menteri luar negeri Uni Eropa sepakat untuk memberlakukan sanksi terhadap esktremis Israel yang terlibat dalam serangan berulang terhadap warga Palestina di Tepi Barat.

BY 4adminEdited Tue,19 Mar 2024,10:13 AM
Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell

Brussels, SPNA - Menteri luar negeri Uni Eropa sepakat untuk memberlakukan sanksi terhadap esktremis Israel yang terlibat dalam serangan berulang terhadap warga Palestina di Tepi Barat.

Dilansir Rt Arabic, Senin (18/03/2204), Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Spanyol, José Manuel Albarez Bueno, setelah pertemuan dengan sejumlah Menteri Luar Negeri dari Uni Eropa di Brussels.

Ini merupakan kali pertama 27 negara anggota Uni Eropa sepakat untuk memberlakukan sanksi terhadap pemukim Israel yang terlibat dalam kekerasan.

Pada hari yang sama, Inggris juga mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan sanksi terhadap empat pemukim Israel yang dituduh melanggar hak-hak warga Palestina di Tepi Barat.

Pada Kamis sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS juga mengumumkan sanksi baru terhadap tiga pemukim Israel dan dua entitas bisnis Israel di Tepi Barat.

Langkah ini diambil di tengah pasca meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut sekaligus menandai upaya koordinasi internasional untuk menanggapi situasi di Tepi Barat dan menegaskan pentingnya memperjuangkan perdamaian dan perlindungan hak asasi manusia dalam konflik Israel-Palestina.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

Uni Eropa berlakukan sanksi kepada Myanmar

Brussel, SPNA - Uni Eropa (EU), Senin (16/10/2017) akan mempertimbangkan kembali kerjasama pertahanan dengan Myanmar paska pelanggaran kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya di Arkan.

Uni Eropa Kaji Penerapan Sanksi untuk Israel

Komisi Urusan Luar Negeri Uni Eropa diperkirakan akan mengkaji langkah-langkah hukum terhadap Israel jika negara pendudukan itu meneruskan rencananya untuk mencaplok Tepi Barat yang diduduki dan Lembah Yordania.