Israel Mengklaim Komandan Senior Hamas Marwan Issa tewas dalam Serangan Gaza

Klaim tersebut muncul setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza

BY 4adminEdited Wed,27 Mar 2024,06:04 AM

Gaza, SPNA – Wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa, diklaim tewas dalam serangan Israel awal bulan ini, kata juru bicara militer Israel.

 “Kami telah memeriksa semua informasi intelijen,” kata Laksamana Muda Israel Daniel Hagari dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Selasa (26/03).

“Marwan Issa tersingkir dalam aksi mogok yang kami lakukan sekitar dua pekan lalu,” ujarnya.

Amerika Serikat mengumumkan pekan lalu bahwa Issa telah terbunuh dalam serangan Israel, namun Israel belum mengkonfirmasi kematiannya hingga sekarang.

Militer Israel sebelumnya mengatakan mereka telah menargetkan Issa dalam serangan udara di kompleks bawah tanah di Gaza tengah pada 9-10 Maret.

Namun demikian, Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa biro politik kelompok tersebut belum menerima bukti mengenai kematian komandan Marwan Issa dalam serangan udara Israel awal bulan ini.

“Semua orang tahu sejak hari pertama, Israel telah mengatakan mereka ingin menargetkan Brigade Qassam dan komandan lainnya. Namun, karena tidak adanya pernyataan resmi yang mengonfirmasi kesyahidan tersebut, informasi tersebut tidak dapat dikonfirmasi,” kata Hamdan dari Beirut, Lebanon.

Issa adalah wakil Mohammed Deif, pemimpin lama sayap militer Hamas, Brigade Qassam.

Pemimpin utama Hamas di Gaza, dan tersangka dalang serangan 7 Oktober yang memicu serangan terbaru Israel di Gaza, adalah Yahya Sinwar.

Sinwar dan Deif diyakini masih hidup dan bersembunyi di Gaza, dan Israel telah bersumpah untuk membunuh mereka.

Israel mengatakan pihaknya telah membunuh lebih dari 13.000 pejuang Hamas sejak awal perang, namun belum memberikan bukti apa pun untuk mendukung klaimnya.

“Menghasilkan lebih banyak pemimpin”

Hamdah Salhut dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki, mengatakan para pejabat Israel telah mengatakan sejak awal serangan mereka bahwa mereka akan “menemukan dan membunuh semua pemimpin Hamas dan setiap pejuang Hamas di lapangan”.

“Itu tidak hanya akan terjadi di Gaza. Hal ini akan terjadi di seluruh dunia dan negara-negara seperti Lebanon, Turki dan Qatar juga,” kata Salhut.

Klaim Israel ini muncul sehari setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza, dan di tengah meningkatnya seruan agar Israel menghentikan serangannya yang sudah berlangsung hampir enam bulan di wilayah kantong yang terkepung tersebut, yang menurut para pejabat kesehatan Palestina telah menewaskan lebih dari 100 orang. 32.000 orang.

Lebih dari 90 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza telah menjadi pengungsi internal, sementara pembatasan ketat Israel terhadap makanan, air dan pasokan bantuan lainnya telah mendorong wilayah tersebut ke ambang kelaparan, menurut PBB.

Jika klaim Israel benar, Issa akan menjadi pemimpin tertinggi Hamas yang terbunuh di Gaza sejak dimulainya serangan Israel pada bulan Oktober.

Israel telah membunuh beberapa pemimpin senior Hamas selama bertahun-tahun, dan mereka segera digantikan, dengan dampak yang kecil terhadap operasi kelompok tersebut.

Analis politik senior Al Jazeera Marwan Bishara mengatakan setiap kali Israel “menyatakan kemenangan dengan membunuh seorang pemimpin Hamas, puluhan orang mengambil alih posisinya”.

“Gagasan menyatakan kemenangan karena satu atau dua, atau beberapa pemimpin Hamas terbunuh, terbukti hanya sekedar kedok,” kata Bishara.

“Membunuh para pemimpin ini mungkin dianggap sebagai kemenangan taktis atau strategis. Namun pada akhirnya, Hamas telah terbukti mampu menghasilkan lebih banyak pemimpin,” tambahnya.(T.HN/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir