Israel jual senjata ke Azerbaijan senilai 5 Milyar Dollar Amerika

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,15 Dec 2016,07:11 PM

Israel jual senjata ke Azerbaijan senilai 5 Milyar Dollar Amerika

Azerbaijan - SP - Israel menandatangani kontrak penjualan senjata dengan Azerbaijan senilai 5 Milyar Dollar Amerika.  Penandatanganan ini dilakukan oleh Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev. 

Kunjungan Netanyahu ke Azerbaijan ini merupakan yang pertama kali.

Dalam sambutannya,  Presiden Aliyev mengatkan, bahwa pihaknya cukup puas bekerjasama dengan Israel bahkan transaksi ini merupakan  kelanjutan dari yang sebelumnya. 

Aliyev menilai bahwa hubungan kerjasama  Azerbaijan dan Israel cukup baik dan kuat selama ini. 

Selain mengunjungi Azerbaijan, dalam kunjungan luar negeri kali ini, Israel juga akan  berkunjung ke Kazakhstan. Kunjungan tersebut juga dalam rangka menguatkan kerjasama di bidang perdagangan dan keamanan. 

Terkait kunjungannnya ke Azerbaijan dan Kazakhstan, Netanyahu mengatakan, “Kedua negara tersebut  adalah negara penting dalam dunia Islam. Adapun tujuan kunjungan saya, untuk memperkuat kerjasama di bidang politik, keamanan dan ekonomi dengan keduanya.”

Netanyahu menambahkan, sungguh kunjungan adalah bukti yang menepis tuduhan banyak pihak, bahwa selama ini Israel adalah negara yang terisolir dari dunia luar. Padahal, kata Netanyahu, Israel terus menjalin hubungan kuat dengan  sejumlah negara-negara besar baik yang ada di benua Asia, Afrika, demikian pula di Amerika latin. 

leave a reply