Diam-diam, Libanon dan Israel kerjasama perdagangan “pasar bebas

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,19 Jan 2017,10:28 AM

Diam-diam, Libanon dan Israel kerjasama perdagangan “pasar bebas”

Al-Quds-SPNA- Beberapa waktu lalu, pemerintah Jordan dan Israel diam-diam telah menyepakati perjanjian perdagangan “pasar bebas” dengan membuka pasar seluas 1.000 hektar di perbatasan Libanon.

Seperti yang dirilis oleh media Ghalbus, Rabu (18/1), pembangunan “pasar bebas” di atas sungai Jordan ini akan dibuka dengan membangun jembatan raksasa yang menghubungkan kedua negara sepanjang 352 meter. Pembangunan jembatan ini akan dimulai pada bulan Februari mendatang.

“Pasar bebas” ini akan dibuka sepanjang 700 hektar perbatasan wilayah selatan jembatan Jodan, dan dari perbatasan israel seluas 245 hektar. Setiap pembeli yang datang ke masing-masing negara ini telah dibebaskan dari visa dan tidak perlu memiliki paspor untuk melakukan transaksi.

Untuk membangun jembatan saja, Israel menganggarkan 15 juta USD dengan total anggaran yang diperlukan sekiar 50 juta USD. Sebenarnya, usulan untuk membangun pasar bebas ini dimulai sejak tahun 1994, namun terkendala lobby israel di parlemen, akhirnya baru tahun 2017 ini proyek “pasar bebas” dengan Jordan akan terwujud.

SPNA Gaza City

Penerjemah: Syadid

leave a reply
Posting terakhir