Dubes Amerika di Tel Aviv sebut dataran Golan milik...

BY Rara Atto Edited Fri,17 Feb 2017,12:07 PM

Dubes Amerika di Tel Aviv sebut dataran Golan milik Zionis Israel

Amerika -SPNA- Dalam situsnya, Radio  Alaqsavoice memberitakan bahwa Dubes Amerika untuk Israel yang baru, David Friedman menyebut dataran Golan –wilayah yang menjadi sengketa antara Israel-Suriah- sebagai kawasan  strategis yang dimiliki Israel.

“Bukan untuk diperdebatkan lagi bahwa Golan adalah miliki Israel,”jelas Friedeman di hadapan majelis  Senat Amerika Serikat, Kamis (16/02/2017).

Friedman menambahkan, diriya menyakini akan urgensi dataran tinggi Golan sebagai wilayah strategis bagi Israel, dan akan sangat berbahaya jika Golan tidak dikendalikan Israel.

Dia beralasan, bahwa jika militer Israel tidak hadir di kawasan tersebut, maka sangat mungkin dan dengan mudah pasukan  ISIS untuk menguasainya.

Hingga kini Friedman adalah sosok yang kontroversial di kalangan rakyat Israel. Pencalonannya sebagai Dubes Amerika untuk Israel ditentang banyak kalangan, termasuk dari kelompok agamis. Beberapa hari lalu, ratusan Rabbi dan tokoh agama Yahudi berunjuk rasa menentang keputusan Donald Trump yang memilihnya sebagai Dubes untuk Israel.

Beberapa  isi pidato  Friedman dinilai akan merusak upaya menuju perdamaian antara Israel dan Palestina. Dia dikenal cukup kental mendukung kebijakan perluasan permukiman ilegal yang terus dijalankan Israel di tanah Palestina.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply
Posting terakhir

Amerika agendakan pengakuan dataran tinggi Golan untuk Israel

Senat Amerika minggu ini sedang mendiskusikan rencana pengakuan Amerika Serikat terhadap Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari negara Israel. Pengakuan tersebut merupakan permintaan Netanyahu sebagai ganti rugi atas penarikan pasukan Amerika dari Suriah.