Yizrael Katz usulkan permukiman ilegal untuk 100 ribu Yahudi di

BY Ihsan ZainuddinEdited Mon,10 Apr 2017,06:39 AM

 Yizrael Katz usulkan permukiman ilegal  untuk  100 ribu Yahudi di dataran tinggi Golan

Tel Aviv -SPNA- Menteri Transportasi dan Inteligen Israel, Yizrael Katz, mengusulkan, Ahad (9/4), penempatan sekitar 100 ribu Yahudi di dataran tinggi Golan -perbatasan Suriah-Israel- yang kini dibawah pendudukan Israel. Usalannya ini diharapkan menjadi bagian dari rencana pemerintah Israel untuk memperluas kawasan permukiman ilegal.

Keinginan Katz dilatarbelakangi oleh perubahan kebijakan politik luar negeri Amerika  di bawah kepemimpinan Donal Trump terhadap rezim Bassar Asad, demikian pula terhadap eksistensi Iran dan Hizbullah di Suriah.

“Kita harus manfaatkan momentum perubahan politik luar negeri Amerika terhadap Bassar Asad dan segenap sekutunya, dengan cara mendorong berdirinya permukiman ilegal di Golan,” jelas Katz seperti yang dilansir oleh radio resmi Israel.

Terkait dengan serangan Amerika yang menghantam pangkalan militer Suriah baru-baru ini, Katz memberi apresiasi dan menilai bahwa langkah Amerika itu bagian dari perubahan kebijakan luar negeri Amerika terhadap situasi yang terjadi di Suriah. “Kini Israel tidak lagi sendiri seperti di era kepemimpinan Amerika yang sebelumnya dalam menghadapi ancaman di Suriah,” kata Katz.

Katz memuji langkah Amerika karena memberi dampak  pada penurunan campur tangan dan pengaruh Iran di Suriah. Dia mengisyaratkan bahwa dukungan Amerika bagi Israel di kawasan  semakin memperkuat pendirian Israel untuk tetap bertahan di dataran tinggi Golan.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply