Lembaga Pers Palestina serukan persatuan guna melawan...

BY Ihsan ZainuddinEdited Thu,04 May 2017,07:33 AM

Lembaga Pers Palestina serukan persatuan guna melawan Israel

Jalur Gaza, SPNA – Bertepatan dengan Hari Kebebasan Pers Internasional yang jatuh pada 3 Mei 2017, sejumlah lembaga pers Palestina menyerukan dibentuknya Badan Pers Independen Palestina, guna menyatukan visi dan misi agar dapat terlepas dari penindasan, yang kerap dilakukan Israel terhadap pers dan awak media di Palestina.

Sementara itu, Kementrian Komunikasi Palestina di Gaza menyerukan kepada Israel untuk menghentikan segala upaya penindasan dan kriminalisasi terhadap wartawan di Palestina, seperti dikutip situs berita al-Ray.

Dewan Pers Palestina juga menuntut UNESCO dan Pers Internasional untuk membebaskan 28 wartawan yang saat ini ditangkap oleh Israel, dimana ada diantara mereka yang sedang dalam kondisi kritis. Dewan Pers juga meminta PBB untuk segera menyeret Israel ke pengadilan internasional karena telah melakukan pelanggaran perang.

Dewan Pers Palestina sengaja menyeleggarakan peringatan ini untuk menghentikan aksi penindasan dan penyiksaan Israel. Diketahui, sejak awal tahun ini, Israel telah melanggar HAM dengan melakukan penindasan terhadap 300 wartawan Palestina.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Syadid

leave a reply
Posting terakhir