Pemutusan jaringan telepon di pusat tahanan Holot

BY Ihsan ZainuddinEdited Wed,10 May 2017,08:05 AM

 Pemutusan jaringan telepon di pusat tahanan Holot

Tel Aviv -SPNA- Lebih dari satu minggu, sekita 1.700 pencari suaka yang mendiami pusat tahanan Holot di wilayah selatan Israe,  telah terputus dari layanan telepon dan internet. Banyak dari mereka yang memilih berjalan beberapa kilometer agar bisa menggunakan telepon seluler mereka.

Holot adalah pusat tahanan di wilayah selatan Israel, yang diperuntukan bagi bagi para pencari suaka dari Afrika, Eritrea dan Sudan.

Guna mencegah para tahanan yang mogok makan untuk diwawancara oleh media melalui telepon seluler yang diseludupkan, maka Dinas Layanan Penjara Israel mengaktifkan alat yang dapat menghambat frequensi. Alat ini akan mengganggu komunikasi di sekitar penjara Ketziot, dimana para tahanan dikurung, serta fasilitas Holot berada di dekatnya.

Media Israel Haaretz, Selasa (09/05/2017), melansir bahwa perusahaan telepon seluler memutuskan semua jaringan di wilayah tersebut, dan kemudian mulai menghubungkan kembali para pelanggan berdasarkan daftar yang diberikan oleh beberapa otoritas, termasuk IDF (Israel Defense Forces), Dewan Regional Ramat Negev, layanan penjara dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan bagi para warga dan pencari suaka.

Sebagian besar penduduk telah terhubung kembali. Lebih dari seminggu, pelayan penjara mengumpulkan nomor telepon para pencari suaka dari Eritrea dan Sudan yang ditahan di fasilitas Holot, tapi telepon mereka belum berfungsi. Minggu lalu, puluhan dari para pencari suaka tersebut memprotes atas pemutusan itu.

Dalam surat yang ditujukan kepada Menteri Keamanan Publik Gilad Erdan dan Jaksa Agung Avichai Mendelblit, pengacara Asosiasi Hak Sipil di Israel, Roni Peli menulis,”Pemutusan jaringan telepon seluler tidak adil dan tidak masuk akal. Akibat pemutusan ini, banyak penduduk Israel dan para pencari suaka mengalami kerugian yang cukup serius.”

Warga sekitar menerangkan bahwa pemutusan tersebut menyulitkan kehidupan sehari-hari dan kerugian ekonomi bagi mereka yang bekerja di sektor pariwisata dan pertanian.

Dinas Layanan Penjara Israel mengatakan bahwa mereka menyadari masalah ini dan telah menghadapinya, namun mereka tidak bisa memastikan kapan layalan telepon di Holot akan pulih.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir