Kapal dari Swedia akan berlayar menuju Gaza

Swedia, SPNA - Ship to Gaza, sebuah LSM asal Swedia, membeli sebuah kapal dengan ukuran panjang sembilan meter yang diperuntukan dalam pelayaran ke Gaza guna menerobos pengepungan Israel atas wilayah tersebut,

BY Edited Thu,27 Jul 2017,09:32 AM
5.jpg

Middle East Monitor - Gaza City

Swedia, SPNA - Ship to Gaza, sebuah LSM asal Swedia, membeli sebuah kapal dengan ukuran panjang sembilan meter yang diperuntukan dalam pelayaran ke Gaza guna menerobos pengepungan Israel atas wilayah tersebut, Anadolu melansir, Ahad (23/07/2017).

Jeanette Escanilla, juru bicara LSM tersebut, mengatakan bahwa sebuah kampanye penggalangan dana yang disebut “Armada untuk Gaza, persenjatai dengan Perdamaian dan Solidaritas,” telah diluncurkan di Swedia guna membeli kapal baru dan kebutuhan lainnya, yang akan berlayar ke Gaza pada tahun 2018 mendatang.

Escanilla mencatat bahwa kapal yang telah mereka beli tersebut dinamakan “Mairead Maguire,”  merujuk pada nama aktivis Irlandia asal Irlandia Utara, yang memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1976.

Maguire pernah ikut dalam beberapa pelayaran yang ditujukan untuk menerobos pengepungan Israel. Tahun 2010, ia juga berada dalam kapal Mavi Marmara, saat pasukan Israel menyerang kapal tersebut dan membunuh beberapa orang aktivis.

Jalur Gaza telah berada dalam pengepungan ketat Israel sejak 11 tahun lalu. Israel mengklaim pengepungan ini sebagai upaya untuk memerangi tetorisme.

 

Penejemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir