Seniman Palestina sindir Trumpt melalui grafiti

Bethlehem, SPNA Seorang seniman grafiti mengecam Donald Trump dengan menorehkan lukisan di Tembok Pemisah di Bethlehem.

BY Edited Sat,05 Aug 2017,12:32 PM
7.jpg

Middle East Eye - Gaza City

Bethlehem, SPNA Seorang seniman grafiti mengecam Donald Trump dengan menorehkan lukisan di Tembok Pemisah di Bethlehem.

Lushsux, sang seniman, menorehkan gambar-gamber Presiden Amerika Serikat tersebut saat mengunjungi Tembok Barat di Al-Quds pada bulan Mei lalu.

Pada gambar yang lain, nampak Trump tersenyum bejat sembari memeluk salah satu menara penjaga di tembok tersebut, struktur yang dioperasikan oleh tentara dan kerap ditandai dengan cat saat terjadi aksi demonstrasi.

Lukisan-lukisan tersebut menyindir pujian yang dilontarkan Trump terhadap tembok pemisah, yang diresmikan oleh Ariel Aharon pada tahun 2002 dan melarang warga Palestina untuk mengakses tanah di balik dindin itu.

Berbagai kelompok hak asasi manusia telah mengecam pembangunan dinding tersebut. mereka menilai bahwa pembangunan tersebut merupakan pencaplokkan tanah di wilayah Jalur Hijau 1949.

Presiden Trump berharap membangun struktur serupa di wilayah perbatasan selatan Amerika Serikat, dengan tujuan mencegah para migran melintas dari Meksiko ke AS.

Lukisan-lukisan tersebut merupakan segelintir galeri grafiti yang tersebar di pemisah itu dalam beberapa tahun terakhir.  Diantara yang terkenal adalah lukisan merpati dalam bidikan sniper dan pengunjuk rasa yang melontarkan karangan bunga. Bahkan, seniman Inggris; Banksy dan Ron, ikut meggoreskan kuas-kuas mereka di tembok beton setinggi delapan meter tersebut.

Banksy pernah membuka wisma di samping tembok itu, yang ia sebut Walled Off Hotel.

Meski proyek ini menarik perhatian dunia, namun tidak bagi sebagian warga Palestina. Mereka khawatir jika proyek tersebut justru menjauhkan dari perjuangan penduduk lokal, sementara yang lain menilai hal tersebut akan mengakomodasi terjadinya konflik.

Para Seniman Palestina pun telah menorehkan jejak mereka di tembok, meski sering kali tanpa menuliskan nama.

Karya penting lainnya adalah gambar pemimpin Palestina; Leila Khaled, Marwan Barghouti, Yasser Arafat, Handala. (T.RA/S: Middle East Eye)

leave a reply
Posting terakhir