Mesir buka persimpangan Rafah untuk 2.500 calon haji asal Gaza

Gaza, SPNA – Otoritas Mesir kembali membuka persimpangan Rafah, Senin (14/08/2017). Pembukaan kali ini diperuntukkan bagi kaum muslimin yang akan akan melakukan perjalanan haji dari Gaza menuju Makkah

BY Rara Atto Edited Tue,15 Aug 2017,03:15 PM
2.jpg

Gulf Today - Gaza

Gaza, SPNA – Otoritas Mesir kembali membuka persimpangan Rafah, Senin (14/08/2017). Pembukaan kali ini diperuntukkan bagi kaum muslimin yang akan akan melakukan perjalanan haji dari Gaza menuju Makkah.

“Pembukaan ini akan berlangsung selama empat hari yang diperuntukkan bagi 2.500 jama’ah haji,” ungkap Hisham Adwan, direktur informasi otoritas perbatasan dari kementerian dalam negeri yang dikelola oleh Hamas. Jama’ah haji tersebut akan berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Kairo.

“Sekitar 800 jama’ah haji akan meninggalkan Jalur Gaza hari ini,” imbuhnya, dan mereka semua telah menerima visa Saudi.

Salah seorang calon haji mengatakan bahwa ia telah menanti untuk bisa ke tanah suci sejak tahun 2014.

Enam dari tujuh penyeberangan Gaza dikendalikan oleh Israel, dan Rafah adalah satu-satunya yang berada di bawah kontrol Otoritas Mesir. Ketiadaan bandar udara dan terbatasnya pergerakan telah menyebabkan warga Gaza hidup dalam “penjara terbuka yang terbesar di dunia.” Bertahun-tahun mereka hidup dalam keterpurukan ekonomi yang sangat parah.

Beberapa tahun terakhir, persimpangan Rafah telah mengalami penutupan dalam waktu yang cukup lama, dan hanya sesekali dibuka, itupun untuk beberapa hari saja.

Selama satu dekade terakhir, Israel semakin memperkuat blokade terhadap Gaza dengan dalih untuk mencegah Hamas -yang menguasai Gaza- dari memperoleh senjata atau material untuk membuatnya.

Mesir adalah satu-satunya negara yang berbatasan dengan Jalur Gaza. Otoritas Mesir menuding Hamas mendukung faksi-faksi pemberontak di negara tersebut.

Namun, Hamas telah menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pemerintah Mesir dalam beberapa bulan terakhir dan berharap persimbangan Rafah akan kembali dibuka pada bulan depan.

(T.RA/S: Gulf Today)
 

leave a reply
Posting terakhir
Mesir kembali buka persimpangan Rafah selama 2 hari

Mesir kembali buka persimpangan Rafah selama 2 hari

Kedubes Palestina di Kairo, Kamis (24/08/2017), mengumumkan bahwa pintu persimpangan Rafah, yang terletak antara Mesir dan Jalur Gaza, akan dibuka untuk dua hari, yaitu; pada hari Ahad, 27 Agustus, dan Senin, 28 Agustus