Israel lakukan pemeriksaan ketat terhadap siswa Palestina di Jerusalem

Jerusalem, SPNA – Pasukan Israel, Minggu (27/08/2017) melakukan pemeriksaan ketat terhadap siswa Palestina di al-Quds  serta menyita buku kurikulum pemerintah Palestina.

BY 4adminEdited Mon,28 Aug 2017,10:20 AM

Jerusalem, SPNA – Pasukan Israel, Minggu (27/08/2017) melakukan pemeriksaan ketat terhadap siswa Palestina di al-Quds  serta menyita buku kurikulum pemerintah Palestina.

Portal Arab48 melaporkan,  bahwa pasukan Israel yang bermarkas di pintu masuk al-Aqsa melakukan pemeriksaan ketat terhadap siswa Palestina yang sedang berangkat menuju sekolah.  Hal ini dilakukan paska terbitnya aturan yang melarang buku-buku kurikulum Palestina di sekolah-sekolah Jerusalem serta penangkapan terhadap kepala sekolah dan siswa di al-Quds.

Pemerintah Rekonsiliasi Nasional Palestina mengecam serangan Israel terhadap sekolah-sekolah di al-Quds.

Jurubicara kepresidenan Yusuf Mahmoud mengatakan, ‘’Israel melakukan serangan terhadap sekoah-sekolah di al-Quds dengan membobol dan menangkap siswa Palestina seperti yang terjadi di sekolah Darul Aytam. Mereka juga menutup sekolah SMA Islam Al-Aqsa dan menangkap kepala sekolah.

Ia menekankan serangan tersebut adalah bagian dari Israelisasi terhadap kota suci al-Quds. ‘’Meningkatnya serangan terhadap sekolah di Jerusalem bersamaan dengan kunjungan Jared Kushner untuk menggagalkan solusi dua negara.’’

Arab48 menambahkan bahwa Menteri Pendidikan Tinggi dalam konferensi pers mengecam prosedur tersebut. ‘’bersamaan dengan  tahun ajaran baru, Israel melarang buku-buku kurikulum nasional Palestina serta menangkap kepala sekolah Islam di Jerusalem.’’

‘’Pelanggaran terhadap pendidikan Palestina menunjukkan jati diri Israel yang yang gemar melanggar perjanjian internasional yang menjamin kebebasan bagi lembaga pendidikan,’’ tambahnya.

Ia juga mengajak seluruh lembaga HAM internasional untuk menekan Israel agar membiarkan anak-anak Palestina belajar dengan bebas.

Sementara itu perwakilan Uni Eropa di al-Quds dan Ramallah juga mengecam serangan terhadap lembaga pendidikan di Palestina.

’’Setiap anak-anak punya hak untuk pergi ke sekolah dengan aman dan tentram. Israel harus menjamin kebebasan belajar bagi anak-anak Palestina.’’ (T.RS/S:Arab48)

leave a reply
Posting terakhir

China lakukan pengawasan ketat terhadap jamaah haji

Pengawasan ketat China atas minoritas Muslim diperluas hingga ke luar negeri, seperti saat umat Islam dari beberapa daerah di China melakukan ibadah haji, yang harus menggunakan alat pelacak yang dikeluarkan negara.