AS Ancam PBB karena berniat mempublikasi daftar perusahaan yang terlibat dalam pembangunan hunian ilegal Israel

Nikki Haley menyampaikan pesan ancaman kepada petinggi PBB dan Dewan HAM internasional. Haley mengancam bahwa Amerika Serikat akan mengambi tindakan tegas seperti menghentikan aliran dana, bahkan mengundurkan diri dari Dewan HAM Internasional.

BY Rizky SyahputraEdited Thu,31 Aug 2017,09:52 AM
AS Ancam PBB karena berniat mempublikasi daftar perusahaan yang terlibat dalam pembangunan hunian ilegal Israel

Jalur Gaza, SPNA – Pemerintah AS yang dipimpin Donald Trump mengancam akan menghentika bantuan dana untuk Dewan HAM PBB (UNHRC) karena berniat mempublikasi daftar hitam perusahaan-perusahaan yang terlbat dalam pembangunan hunian ilegal Israel di Tepi Barat, al-quds, dan Dataran Tingi Golan.

Portal Arab48 menyebutkan bahwa delegasi AS untuk PBB Nikki Haley menyampaikan pesan ancaman kepada petinggi PBB dan UNHRC. Haley mengancam bahwa Amerika Serikat akan mengambi tindakan tegas seperti menghentikan aliran dana, bahkan mengundurkan diri dari UNHRC.

TV2 Israel menyebutkan bahwa delegasi Israel untuk PBB sangat antusias mengikuti perkembangan isu yang meresahkan Israel tersebut.

Beberapa pejabat politik Israel mengatakan, jika UNHRC mempublikasi daftar hitam ini maka PBB telah berubah menjadi Gerakan Boikot Israel Internasional atau BDS.

Sejak tahun 2015 lalu beberapa lembaga dana Internasional dan Eropa khususnya telah menarik kembali investasi dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembangunan hunian Israel.

Publikasi daftar hitam tersebut akan berdampak buruk terhadap terhadap perusahaan dan yayasan permukiman Israel. Demi mencegah hal ini pemerintah Israel gencar melakukan pencegahan baik terang-terangan maupun secara diam-diam.(T.RS/S:Arab48)

leave a reply
Posting terakhir