DPU Daarut Tauhiid salurkan 87 ekor unta Qurban di Gaza Palestina

Gaza, SPNA - Lebih dari satu dekade sudah, Jalur Gaza hidup dalam blokade Israel. Terisolasi dan minimnya akses dari dan menuju Gaza ....

BY 4adminEdited Wed,06 Sep 2017,12:50 PM

Gaza, SPNA - Lebih dari satu dekade sudah, Jalur Gaza hidup dalam blokade Israel. Terisolasi dan minimnya akses dari dan menuju Gaza -terutama melalui pintu perlintasan darat antara Gaza-Mesir maupun Gaza-Israel- menjadi salah satu faktor yang semakin mempersulit hidup warga Gaza.

Perekonomian Gaza lumpuh, jumlah pengangguran tak terbendung, sebab dari 2 juta jumlah populasi warga Gaza, 1,5 juta jiwa di antaranya masih hidup di bawah garis kemiskinan (fakir). Kasus gizi buruk yang melanda bayi-bayi di Gaza, jumlahnya pun terus meningkat.

Bagi kaum Muslim, khususnya warga Gaza, hari raya Iduladha menjadi momen yang sangat berarti, khususnya bagi keluarga korban perang, yatim dan para janda. Namun sayang, mereka harus merayakan hari istimewa tersebut di tengah blokade, penjajahan, penindasan dan pengusiran yang dilakukan Israel.

Menanggapi kondisi di wilayah Gaza, Yayasan DPU Daarut Tauhiid (DPU DT) – yang berada di bawah bimbingan KH.Abdullah Gymnastiar – telah melakukan berbagai program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, diantaranya; pembangunan Masjid Daarut Tauhiid di Gaza Tengah, beasiswa bagi anak yatim di Gaza, pendirian Balai Kreatif untuk pemberdayaan muslimah Palestina dan kaum disable di Shijaiyyah Gaza Timur berupa pelatihan menjahit dan menyulam. Melalui Pendirian Balai Kreatif, tidak kurang dari 50 muslimah dan janda di Gaza telah mendaftar untuk memperoleh pelatihan yang disediakan pihak DPU DT di Gaza. Diharapkan balai kreatif ini menjadi pilot project di Palestina.

Adapun Masjid Daarut Tauhiid, selain sebagai tempat ibadah, masjid tersebut juga menjadi pusat kajian ilmu Islam dan aktivitas menghafal Qur’an. Hingga kini, lebih dari 170 anak-anak Gaza secara rutin hadir di masjid tersebut guna melakukan murojaah dan menyetor hafalan Qur’an yang dibimbing oleh enam orang guru.

Memasuki hari raya Iduladha, DPU DT di Palestina telah menyiapkan tim khusus program Qurban, satu bulan sebelum hari suci tersebut. Semua tim baik di dalam maupun di luar Palestina secara aktif berusaha agar program tersebut bisa terselenggara dengan baik. Siang maupun malam mereka terus mengupdate para mudhohi atau peserta Qurban yang berminat berqurban di Palestina. Dari tahun ke tahun, jumlah hewan qurban terus bertambah. Bukan hanya domba atau sapi, tapi juga unta.

dan uniknya lagi di Jalur Gaza bukan hewan Qurban Sapi maupun Domba akan tetapi Unta, luar biasanya jumlahnya dari tahun ke tahun kian bertambah bahkan tahun sebelumnya DPU DT mendapat rekor tertinggi dengan jumlah hewan Qurban Unta terbanyak level atau standar Palestina pada umumnya yaitu 70 Ekor Unta tahun 2016.

Program Qurban tahun 2017 / 1438 H ini, DPU DT masih berada pada level teringgi dalam memberikan hewan qurban di Palestina, yaitu 87 ekor unta (senilai 2, 1 milyar), yang didstribusiakn di seluruh wilayah Jalur Gaza, seperti; Gaza Utara, Gaza City, Gaza Tengah, Gaza Timur hingga Gaza Selatan.

Alhamdulillah lebih dari 6,000 keluarga di Jalur Gaza, yang masing-masing mendapatkan 2 kg, bisa memperoleh daging dalam program Qurban yang dilaksanakan oleh DPU DT pada tahun ini.

Setidaknya 16 titik wilayah di Gaza menjadi sasaran pendistribusian daging qurban, seperti; Jabalia Gaza Utara, Bait Hanun Gaza Utara, Bait Lahiyah Gaza Utara, Gaza City, Shijaiyyah Gaza Timur, Zaitun Gaza Timur, Nusairat Gaza Tengah, Deir Balah Gaza Tengah, Khan Yunis Gaza Selatan, Rafah Gaza Selatan, Shouqa Gaza Selatan dan masih banyak wilayah-wilayah yang menjadi sasaran distribusi daging Qurban dari DPU DT.

Salam dan ucapan terima terhatur dari muslimin Palestina di Gaza untuk saudara mereka di Indonesia, atas hadiah berupa daging Qurban yang sangat banyak. Tidak lupa pula mereka mengucapkan terima kasih kepada Yayasan DPU DT atas kepeduliaan dan keseriusannya dalam membantu muslimin di Palestina. (BO/SPNA)a

leave a reply
Posting terakhir