Hamas: Kami siap sambut muslim Rohingnya di Gaza

Jalur Gaza, SPNA – Gerakan Perlawanan Islam Hamas, menyatakan siap menerima pengungsi Rohingnya di Jalur Gaza.

BY 4adminEdited Sat,09 Sep 2017,11:29 AM

Jalur Gaza, SPNA – Gerakan Perlawanan Islam Hamas, menyatakan siap menerima pengungsi Rohingnya di Jalur Gaza.

Petinggi Hamas, Mahmoud Zahar dalam wawancara dengan al-Aqsa Voices, Jumat (08/09/2017) mengatakan: ‘’Kami siap menerima pengungsi Rohingnya di Jalur Gaza dan kami menjamin  kehidupan yang layak untuk mereka di Gaza.’’

Sementara itu Faksi Fatah juga mengutuk persekusi terhadap muslim Rohingnya.

Juru Bicara gerakan Fatah Usamah Qawasimi dalam konferensi pers,Jumat (08/09/2017) mengajak masyarakat dunia dan organisasi internasional untuk melindungi masyarakat sipil Rohingnya dari penindasan pasukan Myanmar.

Sebelumnya Human Right Watch, melaporkan bahwa berdasarkan gambar-gambar satelit, rumah-rumah warga Rohingnya di Rakhine habis terbakar. Selain itu foto satelit juga membuktikan 700 rumah warga di desa Xin Khar distrik Rathidong yang dihuni muslim Burma  juga terbakar habis dan seluruh wilayah desa tersebut hancur.

Pejabat tinggi PBB mengatakan bahwa jumlah korban di wilayah Rakhine mencapai ribuan orang. Jumlah  lebih banyak dari laporan pemerintah Burma.

Delegasi HAM PBB di Burma, Yanghee Lee juga melaporkan, lebih dari seribu warga Rohingnya telah merenggang nyawa.

Menurut keterangan PBB, seperempat juta pengungsi Rohingnya telah memasuki Bangladesh sejak pecahnya tragedi kemanusiaan bulan Oktober tahun 2016 lalu. Namun sebagian pengungsi yang gagal menyebrang ke Bangladesh ditemukan terapung di Teluk Banggali karena perahu yang mereka tumpangi tenggelam. (T.RS/S:Ma’an News)

leave a reply
Posting terakhir
Parlemen Gaza dukung muslim Rohingnya

Parlemen Gaza dukung muslim Rohingnya

Petinggi Gerakan Perlawanan Islam, Hamas Mushir al-Misri mengatakan: ‘’Rakyat Palestina akan terus mendukung umat Islam yang terzalimi di seluruh dunia. Rakyat kami ditindas oleh zionis, sementara Rohingnya ditindas oleh Budha.’’

Parlemen Gaza dukung muslim Rohingnya

Parlemen Gaza dukung muslim Rohingnya

Anggota parlemen Gaza, Kamis (07/09/2017) mengadakan konferensi solidaritas untuk warga Rohingnya korban deskriminasi pasukan Myanmar di halaman gedung parlemen Gaza.