Abu Sitta: Tidak ada perdamaian tanpa pengembalian hak warga Palestina

Salman Abu Sitta, anggota Dewan Penasihat Pengembalian Palestina, mengatakan bahwa tidak ada perdamaian tanpa ada jaminan atas pengembalian hak-hak warga Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan kembali ke tanah air mereka sebagaimana yang telah dinyatakan secara berulang dalam resolusi PBB.

BY Rara Atto Edited Fri,29 Sep 2017,11:14 AM
Abu Sitta: Tidak ada perdamaian tanpa pengembalian hak warga Palestina

The Palestinian Information Center - Geneva

Geneva, SPNA - Salman Abu Sitta, anggota Dewan Penasihat Pengembalian Palestina, mengatakan bahwa tidak ada perdamaian tanpa ada jaminan atas pengembalian hak-hak warga Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan kembali ke tanah air mereka sebagaimana yang telah dinyatakan secara berulang dalam resolusi PBB.

Pernyataan tersebut diungkapkan dalam pernyataan Pusat Pengembalian Palestina di Dewan Hak Asasi Manusia PBB sepanjang sesi debat umum Agenda Item 7, yang bertujuan untuk membahas situasi di wilayah Palestina yang diduduki.

Abu Sitta, yang juga Ketua Majelis Umum Konferensi Luar Negeri Palestina, menekankan bahwa Israel telah melakukan pelanggaran berat orang-orang Palestina sejak tahun 1948, memindahkan penduduk dari 675 desa dan menyebabkan dua pertiga penduduk Palestina kehilangan tempat tinggal. Ia mencatat pula bahwa serangan Israel telah menargetkan orang-orang Palestina di tempat-tempat pengungsian di luar Palestina.

Abu Sitta Menjelaskan bahwa rangakain pelanggaran yang begitu panjang dan pengepungan atas Gaza, tembok pemisah di Tepi Barat, serta diskriminasi dan pembersihan etnis dan serangan terhadap situs-situs agama dan warisan.

Ia menekankan perlunya mengantarkan situsasi yang tragis tersebut berakhir dan menemukan solusi yang nyata, terutama 100 tahun pasca Deklarasi Balfour dan 70 tahun pendudukan Palestina.

(T.RA/S: The Palestinian Information Center)

leave a reply
Posting terakhir