4 Anggota pasukan khusus AS tewas

Empat tentara elit Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, yang dikenal sebagai "Baret Hijau", tewas saat disergap oleh militan bersenjata, dalam misi bersama dengan pasukan Nigeria.

BY Rara Atto Edited Sat,07 Oct 2017,02:25 PM
4 Anggota pasukan khusus AS tewas

BuzzFeed News - Washington

Washington, SPNA - Empat tentara elit Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, yang dikenal sebagai "Baret Hijau", tewas saat disergap oleh militan bersenjata, dalam misi bersama dengan pasukan Nigeria.

Departemen Pertahanan AS melaporkan, Bryan C. Black (25), Jeremiah W. Johnson (39), Dustin M.Wright (29), Rabu (04/10/2017), diserang saat berpatroli melakukan pengintaian di Niger.

Beberpa media, diantaranya CNN dan Fix News, melaporkan bahwa tentara tersebut diserang oleh 50 pejuang militan yang diduga berafiliasi dengan Islamic State.

Seorang juru bicara Pentagon menjelaskan bahwa jasad para prajurit, yang awalnya diketahui berjumlah tiga orang, ditemukan pada hari Jum'at oleh pasukan keamanan Nigeria.

"Jasad prajurit lainnya ditemukan di area tersebut, sehingga jumlah prajurit AS yang terbunuh menjadi empat orang," ungkap Kol.Rob Manning, juru bicara Pentagon, melalui sebuah pernyataan.

Pejabat Pentagon merilis informasi mengenai peristiwa terbunuhnya keempat anggota "Baret Hijau" tersebut dan mengatakan bahwa insiden itu sedang dalam penyelidikan. Kematian keempat prajurit tersebut adalah yang pertama terjadi di kalangan pasukan Amerika di kawasan tersebut, di mana AS terlibat dan membatu dalam sebuah operasi.

CNN melaporkan bahwa helikopter Super Puma Perancis memberikan perlindungan kepada tentara saat evakuasi dilakukan.

Hingga Jum'at siang, Presiden Trump belum mengeluarkan pernyataan atau tweet mengenai kejadian tersebut.

Dalam sebuah surat yang dikirim oleh Trump kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika, Paul Ryan, pada bulan Juni lalu, Trump mengatakan bahwa ada sekitar 645 personil AS yang ditempatkan di Niger guna mendukung operasi 'kontraterorisme'.

Namun, pada hari Kamis, pejabat pertahanan memperkirakan tentara yang ditempatkan di kawasan tersebut berjumlah sekitar 800 orang. AS ingin membangun pangkalan, senilai $100 juta, untuk pesawat pengintai di Agadez, yang mengindikasikan bahwa AS ingin tetap berada di kawasan tersebut untuk beberapa lama.

Bryan C. Black, salah satu prajurit yang tewas, teridentifikasi sebagai penduduk asli Puyallup, Washington, yang terdaftar pada Oktober 2009. Jeremiah W. Johnson terdaftar pada Oktober 2007 dan merupakan penduduk asli Springboro, Ohio. Wright adalah penduduk asli Lyon, Georgia, dan bergabung dengan Angkatan Darat pada bulan Juli 2012.

Ketiganya ditugaskan ke Front Bragg di Carolina Utara. Sementara tentara keempat akan diidentifikasi setelah pihak keluarga diberitahu mengenai kematiannya.

(T.RA/S: BuzzFeed News)

leave a reply
Posting terakhir