Badai Ophelia siap hantam Eropa

Florida, SPNA - Badai Ophelia merupakan kondisi cuaca berupa badai dan angin di samudra Atlantik. Namun pada tahun ini, fenomena berbeda ditunjukkan, ....

BY 4adminEdited Thu,12 Oct 2017,09:50 AM

Florida, SPNA - Badai Ophelia merupakan kondisi cuaca berupa badai dan angin di samudra Atlantik. Namun pada tahun ini, fenomena berbeda ditunjukkan, di mana badai tersebut tidak melintasi Atlantik, melainkan menuju ke timur pantai barat Spanyol.

Rabu (11/10/2017), National Hurricane Center secara resmi menetapkan status Ophelia sebagai topan. Badai ini bergerak ke timur dengan kecepatan 3 mph dan akan berangsur-angsur berbalik te timur laut. Kecepatan angin akan terus bertambah hingga 75 mph dengan hembusan yang lebih kencang. Dalam dua hari ke depan, badai ini diperkirakan akan terus menguat.

Hujan akibat badai ini diperkirakan akan menghantam pulau Azores selama akhir pekan. Kemudian akan berhembus ke Spanyol dan Portugal di Semenanjung Iberia. Namun, prakiraan saat ini menunjukkan bahwa badai masih berada jauh dari pantai. Ini masih awal dan kemungkinan bisa berubah.

Semenanjung Iberia telah dianda badai sebanyak dua kali, yaitu pad atahun 1842 dan 2005.

Setelah melewati Spanyol, prakiraan cuaca menunjukkan bahwa Ophelia bisa saja menghantam pantai Irlandia Senin mendatang sebagai badai tropis ekstra, yang berpotensi mendatangkan angin kencang.

Ini adalah badai ke-10 yang melanda Atlantik pada musim ini, jika dikaitakn dengan rekor yang terjadi pada tahun 1878, 1886, dan 1893.

(T.RA/S: Business Insider)

leave a reply
Posting terakhir