Untuk Pertama Kalinya Para Nelayan Gaza Mulai ...

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Tue,05 Apr 2016,06:31 AM

Untuk Pertama Kalinya Para Nelayan Gaza Mulai Berlayar Sejauh 9 Mil Sejak Beberapa Tahun Terakhir.

Gaza City (Suarapalestina).Ratusan nelayan Gaza, Ahad (3/4) sore, mulai mengarungi perairan lepas pantai mereka hinga 9 mil, setelah pihak Israel memutuskan untuk perluas wilayah kerja nelayan Gaza di laut Mediterania.

Nazar Ayesh, kepala forum nelayan Palestina di Jalur Gaza mengatakan bahwa para nelayan, sore ini mulai berlayar di perairan lepas pantai Gaza sejauh 9 mil dari yang sebelumnya hanya 6 mil. Hal tersebut merupakan pertama kalinya sejak 10 tahun terakhir akibat blokade Israel atas Gaza.

Nizar meyakini para nelayan bisa mendaptkan lebih banyak ikan buruan yang terdapat di laut mediterania dan akan mengubah arah perekonomian mereka yang seblumnya mengalami kerugian besar akibat blokade Israel atas Gaza yang telah berlangsung sejak 2007.

Setelah pertempuran terakhir antara militer Israel dengan pejuang palestina tahun 2014 silam, Israel membolehkan para nelayan Gaza untuk berlayar sejauh 6 mil dari bibir pantai, dimana sebelumnya mereka hanya diperbolehkan berlayar sejauh 3 mil.

Selain pembatasan jarak memancing para nelayan, pasukan angkatan laut Israel juga kerap mengintimdasi dan menteror para nelayan Gaza dengan menembak mereka secara sporadis.

leave a reply
Posting terakhir