Pedagang Gaza tuntut kompensasi atas kerugian akibat serangan Israel ke Gaza 2014 lalu

Jalur Gaza, SPNA - Puluhan pedagang Palestina, Senin (08/11/2017) menuntut kompensasi atas kerugian ekonomi yang mereka derita akibat serangan Israel musim panas 2014.

BY 4adminEdited Wed,08 Nov 2017,08:52 AM

Jalur Gaza, SPNA - Puluhan pedagang Palestina, Senin (08/11/2017) menuntut kompensasi atas kerugian ekonomi yang mereka derita akibat serangan Israel musim panas 2014.

Dalam protes yang diadakan di depan gedung Kementerian Ekonomi Palestina Pedagang tersebut membawa spanduk bertuliskan: ‘’Sumber penghidupan kami telah hilang dalam perang, sampai kapan? Di mana hak kami wahai Menteri Ekonomi?’’

Hamza al-Misri, juru bicara Badan Koordinasi Institusi Komersial, mengatakan ‘’Pederitaan ribuan pengusaha dan industri Palestina terus berlanjut disaat pejabat negara mengabaikan kondisi mereka.’’

‘’Kehidupan Para pedagang tersebut sangat sulit. Pada saat yang sama mereka juga menjadi buronan hukum akibat hutang yang menumpuk di bank,’’ tambahnya.

Al-Misri juga meminta pejabat Palestina untuk segera memberikan kompensasi bagi pedagang Palestina yang fasilitasnya rusak akibat perang 2014 lalu.

Dia juga meminta negara pendonor untuk menghormati janji yang mereka buat pada konferensi donor yang diadakan di Kairo paska serangan 2014.

Juli 2014 lalu Israel melakukan operasi militer ke Jalur Gaza yang mengakibatkan kematian 2320 warga Palestina. 12 ribu unit bangunan hancur dalam serangan tersebut termasuk 500 unit bangunan dagang. 

Lalu pada Oktober 2014, negara-negara Arab dan internasional berjanji akan mendonasikan 5,4 miliar Dolar AS kepada korban. Setengah dari dana tersebut direncanakan akan dialokasikan untuk program rekonstruksi Gaza, sisanya untuk memenuhi kebutuhan warga Palestina. Namun, rekonstruksi sektor perekonomian mengalami proses yang lambat. (T.RS/AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir