Hadapi ancaman Jihad Islam, Israel siapkan Iron Dome

Militer Israel, Senin (13/11/2017), meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah setelah menilai bahwa Jihad Islam akan melancarkan serangan balas dendam.

BY 4adminEdited Tue,14 Nov 2017,08:19 AM
Hadapi ancaman Jihad Islam, Israel siapkan Iron Dome

Haaretz - Gaza

Gaza, SPNA - Militer Israel, Senin (13/11/2017), meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah setelah menilai bahwa Jihad Islam akan melancarkan serangan balas dendam. Pemimpin kelompok yang berbasis di Gaza tersebut mengancam akan melakukan pembalasan atas tindakan Israel yang menyerang sebuah terowongan lintas batas di dekat Gaza dua pekan lalu, di mana 12 anggota Jihad Islam dan Hamas gugur. Langkah-langkah yang dianggap luar biasa tersebut antara lain dengan penempatan Iron Dome di Israel tengah. Langkah ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak perang Gaza 2014 berakhir.

Penilaian terhadap Jihad Islam ini didukung oleh berbagai kemungkinan mengenai kelompok tersebut di perbatasan Gaza. Seperti, kelompok tersebut mengendalikan lusinan roket Katyusha jenis Grad yang memiliki jangkauan hingga lebih dari 40 kilometer, mampu memukul Ashdod dan Be'er Sheva, dan bahkan mungkin roket jarak jauh. Selain itu, kelompok ini juga masih memiliki kemampuan operasional di daerah-daerah tertentu di Tepi Barat, termasuk daerah Jenin, namun tidak jelas apakah bisa melakukan serangan. Jihad Islam mendapat tekanan baik dari dinas keamanan Israel maupun aparat intelijen Otoritas Palestina.

Beberapa hari terakhir, Israel dan Jihad Islam saling mengeluarkan ancaman. Koordinator kegiatan pemerintah di wilayah tersebut, Jenderal Yoav Mordechai, pada hari Sabtu mengumumkan sebuah peringatan dalam bahasa Arab bahwa Jihad Islam "sedang bermain api di belakang penduduk Jalur Gaza, dan mengorbankan rekonsiliasi internal Palestina dan seluruh wilayah. "Mordechai menekankan dalam pesan video:" Hanya untuk memperjelas, Israel akan menanggapi dengan tegas terhadap reaksi Jihad Islam apapun - tidak hanya melawan Jihad Islam, tapi juga melawan Hamas. " Video tersebut menyimpulkan," Kami menasihati Jihad Islam di Damaskus untuk berhati-hati dan menjaga segala sesuatunya agar tetap terkendali. "

Pada hari Senin, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meminta Hamas bertanggung jawab atas serangan yang berasal dari Gaza. "Kami akan bersikap tegas terhadap siapapun yang mencoba menyerang kami atau menyerang kami dari daerah manapun," Netanyahu memperingatkan.

Meskipun dua minggu telah berlalu sejak pemboman terowongan tersebut, Israel memandang bahwa Jihad Islam belum meninggalkan rencana mereka untuk balas dendam atas kematian anggotanya. Tampaknya kelompok tersebut sedang mempersiapkan serangan. Dalam keadaan seperti itu, Israel diperkirakan akan merespon dengan keras.

(T.RA/S: Haaretz)

leave a reply
Posting terakhir