Warga Israel akan memasuki AS tanpa visa

Menteri Kehakiman Israel, Senin (13/11/2017), mengumumkan bahwa rencana untuk membatalkan persyaratan visa masuk AS untuk warga Israel telah selesai, media setempat melaporkan.

BY 4adminEdited Wed,15 Nov 2017,01:12 PM
Warga Israel akan memasuki AS tanpa visa

The Gaza Post - Tel Aviv

Tel-Aviv, SPNA - Menteri Kehakiman Israel, Senin (13/11/2017), mengumumkan bahwa rencana untuk membatalkan persyaratan visa masuk AS untuk warga Israel telah selesai, media setempat melaporkan.

Ayelet Shaked mengatakan bahwa ada kesepakatan yang akan segera dilaksanakan, yakni terkait izin pihak berwenang AS untuk mengakses database sidik jari biometrik Israel.

"Kami menyelesaikan kesepakatan pembatalan visa," tulis Shaked di tweeter miliknya. "Sejak awal saya menjabat, kami telah bekerja sama dengan Amerika untuk bergabung dengan kelompok negara terpilih yang warga negaranya dibebaskan dari visa masuk ke AS." Ia menambahkan bahwa keselarasan telah ditemukan antara pemeliharaan privasi warga Israel dan tuntutan Amerika

Menurut satu situs berita Israel, kesepakatan semacam itu hanya bisa terjadi setelah UU Berbasis Biometrik diubah oleh Knesset (parlemen). Ini menunjukkan bahwa dengan undang-undang yang ada, informasi pribadi warga negara Israel tidak dapat disampaikan ke pihak asing kecuali terkait penyelidikan tindak kriminal, dan dalam kasus ini, mereka mungkin hanya diberi rincian sementara.

Shaked menjelaskan bahwa database sidik jari hanya ada dalam kasus orang dengan latar belakang kriminal. Ini akan menjadi jawaban atas keraguan mengenai data prbadi warga Israel terkait pengajuan bebas visa tersebut.

(T.RA/S: The Gaza Post)

leave a reply