Al-Amoudi, “orang terkaya kedua” di Arab Saudi ditangkap

Pihak berwenang Saudi menangkap Mohammed Hussein Al-Amoudi, yang berdarah Saudi dan Ethiopia, dan merupakan orang Saudi terkaya kedua, setelah Pangeran Al-Waleed bin Talal.

BY 4adminEdited Fri,24 Nov 2017,10:35 AM
Al-Amoudi, “orang terkaya kedua” di Arab Saudi ditangkap

Middle East Monitor - Riyadh

Riyadh, SPNA - Pihak berwenang Saudi menangkap Mohammed Hussein Al-Amoudi, yang berdarah Saudi dan Ethiopia, dan merupakan orang Saudi terkaya kedua, setelah Pangeran Al-Waleed bin Talal.

Sebelumnya, penangkapan bin Talal telah mendapat banyak perhatian media. Penangkapan Al-Amoudi sangat penting karena berpotensi mengacaukan ekonomi suatu negara, menurut Middle East Eye.

Al-Amoudi, yang juga dikenal sebagai "Syekh", telah berinvestasi di hampir semua sektor ekonomi Ethiopia, termasuk hotel, pertanian dan astrologi.

Menurut jaringan diplomatik yang terungkap dari tahun 2008, "pengaruh Sheikh terhadap ekonomi Ethiopia tidak dapat diremehkan."

Sejak itu, semakin sulit untuk memperkirakan nilai pasti total investasi Al-Amoudi di Ethiopia, yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Afrika. Seorang analis memperkirakan nilai investasi Sheikh sebesar $ 3,4 miliar, yang mewakili 4,7 persen dari PDB Ethiopia saat ini.

Al-Amoudi menjadi sosok yang paling menonjol di halaman depan majalah Ethiopia sejak penangkapannya. Kantor berita telah meliput berita tentang penahanannya, termasuk rumor yang beredar di situs media sosial, seperti berita terbaru.

Dalam beberapa hari setelah penangkapan Al-Amoudi, Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn merasa perlu mengadakan konferensi pers pertamanya dalam dua bulan terakhir. Selama konferensi tersebut, dia menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Al-Amoudi dan menekankan bahwa pemerintah tidak percaya bahwa ini akan mempengaruhi investasi Al-Amoudi di Etiopia.

Seorang pejabat Otoritas Investasi Ethiopia menolak anggapan bahwa penangkapan Al Amoudi dapat menimbulkan kekacauan di pemerintahan, "Perekonomian negara tidak didasarkan pada satu investor. Demi Tuhan, kami memiliki 100 juta penduduk, bagaimana kami bisa bergantung pada satu investasi ?! Ini lucu."

"Investasi di luar Arab Saudi yang dimiliki oleh Syekh belum terpengaruh oleh perubahan ini," kata Tim Pendry, juru bicara Al-Amoudi di Inggris.

Meskipun mereka mengakui bahwa orang-orang Cina yang banyak berinvestasi di Ethiopia sekarang memiliki saham yang jauh lebih besar daripada Al-Amoudi di Ethiopia, analis mengatakan bahwa meskipun pemerintah tidak dalam keadaan panik saat ini, tetap saja ada kekhawatiran mengenai sejauh mana konflik Arab Saudi akan mempengaruhi ekonomi Ethiopia.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply
Posting terakhir