Peringati Hari Solidaritas untuk Palestina Organisasi Nasional dan Islam di Gaza tuntut PBB bertangung jawab

Organiasi Nasional dan Islam di Jalur Gaza, Rabu (29/11/2017) menggelar demonstrasi di depan markas besar PBB  di Gaza bertepatan dengan Hari Solidaritas Internasional dengan Rakyat Palestina. Para peserta meminta PBB dan masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab mereka terhadap rakyat Palestina serta menerapkan resolusi internasional terkait.

BY Rizky SyahputraEdited Thu,30 Nov 2017,10:01 AM
Peringati Hari Solidaritas untuk Palestina Organisasi Nasional dan Islam di Gaza tuntut PBB bertangung jawab

 

Jalur Gaza, SPNA – Organiasi Nasional dan Islam di Jalur Gaza, Rabu (29/11/2017) menggelar demonstrasi di depan markas besar PBB  di Gaza bertepatan dengan Hari Solidaritas Internasional dengan Rakyat Palestina.

Para peserta meminta PBB dan masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab mereka terhadap rakyat Palestina serta menerapkan resolusi internasional terkait.

Ziad Jarghoun, anggota Biro Politik Front Demokrasi, menekankan perlunya mempersenjatai organisasi Nasional dan Islam melalui pelaksanaan program persatuan nasional dalam menentukan nasib sendiri, serta menyatukan Negara Palestina melalui dialog serta sentralisasi isu-isu di Palestina untuk mendelegitimasi Israel serta memaksa mereka menerapkan resolusi internasional.

Jarghoun juga menyerukan faksi Palestina untuk mengakhiri perpecahan dan melaksanakan rekonsiliasi yang telah disepakati serta melakukan penataan kembali pemerintah Palestina dan rekonstruksi sistem politik, juga melaksanakan Deklarasi  22/11/2017 di Cairo

Dia juga menekankan perlunya melaksanakan kesepakatan 4 Mei 2011 dan kesepakatan bilateral antara Fatah dan Hamas pada tanggal 12 Oktober 2017, yang kemudian diubah menjadi kesepakatan nasional antara semua faksi.

Pada tanggal 29 November setiap tahun, PBB menetapkan  Hari Solidaritas Sedunia dengan Rakyat Palestina, yang disahkan oleh Majelis Umum PBB dalam keputusannya pada tanggal 2 Desember 1977 dan 12 Desember 1979.

 

Pada 29 November 70 tahun lalu, PBB juga mengeluarkan resolusi nomor 181 untuk membagi Palestina menjadi 2, negara Palestina dan Israel sesuai dengan mandat Inggris. (T.RS/S:PIC)

 

 

leave a reply
Posting terakhir