Israel berencana bangun jalur kereta api yang menghubungkan Israel dan negara-negara Arab

Al-Quds, SPNA - Pemerintah Israel dilaporkan berencana membangun rel kereta api yang menghubungkan Israel dan sejumlah negara Arab diantaranya Yordania, Irak dan Arab Saudi.

BY 4adminEdited Tue,16 Jan 2018,10:06 AM

Al-Quds, SPNA - Pemerintah Israel dilaporkan berencana membangun rel kereta api yang menghubungkan Israel dan sejumlah negara Arab diantaranya Yordania, Irak dan Arab Saudi.

Situs berita Israel,  Yediot Ahronot, Senin (15/1/2018) menambahkan bahwa Israel telah menetapkan anggaran pembangunan rel kereta api tersebut yang berjumlah 4.5 Juta Dolar AS untuk tahun 2019 sebagai langkah perdana dan telah disetujui parlemen Knesset.

Israel juga akan melakukan peresmian awal Jalur kereta Api dari kota Bisan, Israel bagian utara, menuju perbatasan Sheikh Hussein di Yordania dan dapat diperluas ke Irak dan Arab Saudi.

Saat ini Israel mengangkut barang-barang ke Irak, Arab Saudi dan negara-negara Teluk dengan truk melalui  Yordania.

Menteri Komunikasi dan Intelijen Israel, Yisrael Katz, menyebutkan bahwa rel kereta api ini akan dinamakan jalur perdamaian.

Surat kabar Israel mengatakan bahwa kereta api tersebut juga akan digunakan untuk transportasi penumpang, tidak hanya terbatas pada membawa barang.

Kementerian Transportasi dan Komunikasi Israel juga dilaporkan telah membentuk tim konsultan untuk mengembangkan proyek tersebut.

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir

Palestina tegaskan tolak proyek pembangunan rel kereta api di wilayah yang diduduki Israel

Ketua Lembaga Urusan Sipil Palestina, Hussein Syaikh mengatakan: “Israel menawari kami untuk ambil bagian dalam pembangunan rel kereta api dari Jenin ke Haifa menuju ke beberapa negara Arab. Kami tegaskan menolak tawaran itu. Tidak ada normalisasi sebelum pendudukan diakhiri. Kami tidak akan membiarkan adanya solusi ekonomi yang menguntungkan Israel. Sepotong roti tidak bisa menjadi ganti kebebasan nasional.