Duta Besar AS untuk Israel: Pemukim Yahudi di Tepi Barat 'tidak akan ke mana-mana'

Tepi Barat, SPNA - Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, dilaporkan memperingatkan sekelompok pemimpin Yahudi Amerika bahwa pemindahan pemukim Tepi Barat dapat memicu perang saudara, Channel 10 Israel melaporkan.

BY 4adminEdited Wed,21 Feb 2018,11:19 AM

Tepi Barat, SPNA - Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, dilaporkan memperingatkan sekelompok pemimpin Yahudi Amerika bahwa pemindahan pemukim Tepi Barat dapat memicu perang saudara, Channel 10 Israel melaporkan.

Friedman membuat pernyataan tersebut "selama pertemuan dengan delegasi dari Konferensi Presiden Organisasi Yahudi Amerika."

Menurut laporan tersebut, Friedman mengatakan dalam pertemuan tertutup tersebut bahwa "evakuasi besar-besaran permukiman Yahudi dari Tepi Barat dapat menyebabkan perang sipil di Israel."

Utusan AS tersebut mengatakan bahwa sekitar 400.000 pemukim yang tinggal di Tepi Barat "tidak akan ke mana-mana ... dan evakuasi yang signifikan dapat menyebabkan perang sipil. Ini pendapat saya."

Friedman juga mengatakan kepada peserta bahwa, Militer Israel semakin banyak dipimpin oleh 'Zionis Agama' yang berkomitmen terhadap tanah ini karena mereka melihatnya sebagai Tanah yang diberikan Tuhan.

Menurut laporan tersebut, Friedman mengatakan bahwa pemerintahan Trump "realistis dan tidak overselling terhadap prospek kesepakatan damai", namun "berkomitmen untuk mencapainya."

Seorang juru bicara kedutaan AS mencatat bagaimana Channel 10 mendasarkan laporan mereka "pada tiga peserta dalam konferensi yang gagal memberikan banyak konteks di balik komentar Friedman serta ucapan tambahan dan terkait hal yang signifikan dari Duta Besar."

Menjelaskan komentar Friedman mengenai permukiman tersebut, juru bicara tersebut menambahkan bahwa "Duta Besar (Friedman) percaya bahwa pertumbuhan pemukiman yang tidak terkendali tidak membantu perdamaian."

Stephen M. Greenberg dan Malcolm Hoenlein, ketua dan CEO Konferensi Presiden Organisasi Yahudi Amerika Utama, masing-masing, mengatakan, "Kata-kata yang dikaitkan dengan (Friedman) diambil dari konteks, tidak lengkap, dan oleh karena itu merupakan distorsi dari ucapan duta besar."

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply
Posting terakhir