Rezim Mesir terlibat ‘upaya penipuan’ dalam proyek gas Israel

Kairo, SPNA - Rezim Mesir telah menandatangani kesepakatan jangka panjang untuk mulai mengimpor gas alam dari Israel. Financial Times melaporkan pekan ini bahwa perusahaan Israel....

BY 4adminEdited Tue,27 Feb 2018,11:38 AM

Kairo, SPNA - Rezim Mesir telah menandatangani kesepakatan jangka panjang untuk mulai mengimpor gas alam dari Israel. Financial Times melaporkan pekan ini bahwa perusahaan Israel Delek telah menandatangani kesepakatan untuk memasok 64 miliar meter kubik gas untuk lebih dari satu dekade ke Dolphinus di Mesir. Kesepakatan itu dilaporkan bernilai sekitar $ 15 miliar.

Menurut Bloomberg, gas tersebut akan berasal dari ladang Tamar dan Leviathan di Mediterania, dimana Israel mengklaim kedaulatannya. Saham perusahaan gas Israel nampaknya melonjak sebagai reaksi atas kabar tersebut.

Kesepakatan itu mengakhiri sebuah kisah panjang dan tragis mengenai kolaborasi gas antara kediktatoran Mesir dan rezim apartheid Israel. Seperti yang dilaporkan pada tahun 2014, rezim di Kairo dan antek-antek miliarder selama bertahun-tahun terlibat dalam transaksi gas alam yang benar-benar korup dengan elite Israel.

Seorang mantan duta besar AS untuk Mesir menjelaskan dalam dokumenter investigasi Al-Jazeera 2014, ini semua dilakukan sebagai cara untuk menopang perjanjian "perdamaian" yang tidak adil antara Tel Aviv dan Kairo. Kesepakatan Camp David membantu memfasilitasi penarikan pasukan pendudukan Israel dan permukiman dari Semenanjung Sinai, meskipun setelah Sadat meluncurkan perang 1973, yang telah mendekati kemenangan yang akan memungkinkan dia mendapatkan kembali tanah Mesir yang diduduki.

Namun, Camp David mengandung ketentuan yang tidak adil yang menetapkan demiliterisasi tertentu di Sinai, sementara tidak mengandung kondisi timbal balik bagi orang Israel. Selanjutnya, Camp David tidak menawarkan hal yang konkret bagi rakyat Palestina, yang tetap berada di bawah pendudukan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Pada saat penandatanganannya, rezim Mesir dijatuhkan di hadapan dunia Arab karena telah menjual orang-orang Palestina sebagaimana adanya.

Untuk semua alasan ini, perjanjian tersebut secara luas tidak populer dengan orang-orang Mesir. Seperti Yordania, meskipun - yang juga memiliki perjanjian damai dengan Israel - Mesir adalah sebuah kediktatoran militer brutal dalam semua kecuali nama, dan kehendak rakyat tidak menjadi masalah bagi rezim tersebut.

Mantan duta besar AS yang berbicara dengan Al-Jazeera adalah Edward Walker. Komentarnya dalam film dokumenter tentang kesepakatan gas korup tersebut mengatakan,"Ini adalah jenis kesepakatan yang membantu memperkuat perjanjian Mesir-Israel (perdamaian) dan karena itulah kami selalu sangat positif mengenai hal itu tanpa memasuki keseluruhan sisi korupsi itu. "

Kesepakatan tersebut, yang dimulai sejak tahun 2000, melibatkan penjualan gas alam Mesir yang sangat besar dan disengaja ke Israel. Seorang mantan menteri energi Israel kemudian mengakui, "Harga itu menggelikan."

Hilangnya dana publik Mesir mungkin mencapai $ 11 miliar, menurut beberapa ahli. Israel diizinkan melepaskan diri dari hal ini karena pengusaha Mesir yang tidak lurus diberi wewenang kontrol atas penjualan gas tersebut, dan mampu mengantongi bagian besar dari keuntungan tersebut.

Sameh Fahmi, Menteri Perminyakan Mesir antara tahun 1999 dan 2011, ditangkap karena perannya dalam kesepakatan tersebut segera setelah pemberontakan Januari 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak. Pada bulan Juni 2012 dia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara, namun setelah kudeta militer 2013 (yang menggulingkan presiden terpilih pertama Mesir, Mohamed Morsi), Sameh dan yang lainnya terlibat dalam skandal korupsi besar ini telah menjatuhkan hukuman kepada mereka.

Salah satu faktor utama di balik pemberontakan tahun 2011 adalah aksi jual gas korup kepada Israel yang dilakukan secara terang-terangan, yang oleh kebanyakan orang Mesir dianggap sebagai entitas yang bermusuhan, terlepas dari perjanjian "perdamaian".

Hussein Salem - mantan agen intelijen, dan co-arsitek kesepakatan - harus melarikan diri dari Mesir selama pemberontakan tersebut. ia kemudian ditangkap di Spanyol, namun tidak pernah diekstradisi. Ia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada sidang yang sama dengan Fahmi.

Keputusan ini juga dibatalkan setelah kudeta militer. Masih tinggal di Spanyol, Salem baru-baru ini dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar 2,8 miliar poundsterling.

Paetner Israel Salem adalah mantan agen intelijen dan hartawan energi Yossi Maiman. Setelah pemberontakan tahun 2011, ketidakstabilan keamanan di Sinai menyebabkan sabotase pipa gas ke Israel. Maiman mencoba menuntut Mesir karena kehilangan pendapatan, berkata kepada Al-Jazeera bahwa ia akan "puas dengan $ 50 miliar."

Dengan perbedaan hukum yang tampaknya ada di belakang mereka, pipa gas sekarang tampaknya akan kembali, ke arah yang berlawanan. Kelihatannya Mesir akan membeli kembali - dengan harga pasar yang tidak diragukan lagi - sumber daya alam yang bisa digunakan untuk memperkaya dan mengembangkan infrastruktur negara untuk kepentingan penduduknya sendiri, bukan hanya untuk orang kaya kecil dan elit korup.

Cara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bereaksi terhadap berita tentang miliaran pendapatan pajak yang akan diberikan kesepakatan baru kepada rezimnya, memberitahu Anda semua yang perlu Anda ketahui. "Ini adalah hari yang menyenangkan," katanya seperti yang dilaporkan dilaporkan.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply
Posting terakhir