Bentrok dengan pasukan Israel, 15 warga Gaza luka-luka

Jalur Gaza, SPNA - Kementerian Kesehatan Palestina, Jum’at (02/03/2018) melaporkan bahwa bentrokan antara pemuda dan militer Israel kembali meletus dekat perbatasan antara Jalur Gaza dan Israel. 

BY 4adminEdited Sat,03 Mar 2018,10:34 AM

Jalur Gaza, SPNA - Kementerian Kesehatan Palestina, Jum’at (02/03/2018) melaporkan bahwa bentrokan antara pemuda dan militer Israel kembali meletus dekat perbatasan antara Jalur Gaza dan Israel. 

Menkes Gaza menambahkan bahwa 15 warga menderita luka-luka akibat ditembak dengan peluru panas sementara beberapa lainnya pingsan akibat gas air mata, seperti dilansir Rt Arabic.

Rt Arabic melaporkan bahwa sejumlah warga Palestina berkumpul di perbatasan Gaza serta melempari batu ke arah tentara Israel yang berada di lokasi.

Warga Gaza setiap Jum’at menggelar aksi protes terhadap Donald Trump sejak 6 Desember lalu dimana belasan warga gugur dan ribuan lainnya luka-luka.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds adalah ibukota bagi Israel dan akan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut dimana hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang.

Langkah AS tersebut ditentang oleh Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017) yang menetapkan sebuah resolusi menentang keputusan Donald Trump dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Senin (15/1/2017)  Dewan Pusat Palestina mengumumkan, bahwa Palestina  akan menangguhkan pengakuan terhadap kedaulatan Israel sampai Israel mengakui kedaulatan Palestina di perbatasan 1967 serta menghentikan  pendudukan terhadap Yerusalem Timur dan permukiman ilegal.

Abbas juga menolak menjadikan AS mediasi perundingan damai dengan Israel, serta menganggap peran AS dalam perundingan damai Palestina telah berakhir, Akibatnya AS mengancam memutuskan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

Jum’at lau, (23/02/2018) Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa AS akan meresmikan kedutaan baru di Yerusalem pada bulan Mei  mendatang bersamaan dengan peringatan 70 tahun kemerdekaan Israel, seperti dilansir Reuters. (T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

Pemuda Palestina Bentrok dengan Pasukan Israel di Nablus

Jalan utama di Huwara terus-menerus menjadi sasaran dan target serangan oleh pasukan pendudukan Israel. Pasukan pendudukan Israel memaksa toko-toko di Huwara ditutup, sebagai bentuk hukuman kolektif untuk menghukum penduduk Palestina, dengan alasan bahwa kendaraan pemukim Israel telah dilempari batu.